Jawa Pos

Risma, Anas, dan Kanang Berpeluang Masuk Kabinet

-

SEKJEN PDIP Hasto Kristiyant­o menyerahka­n sepenuhnya penunjukan menteri kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun, dia menegaskan kembali bahwa jatah menteri untuk PDIP harus tetap yang terbanyak

Pernyataan itu disampaika­n Hasto di kantor DPD PDIP Jatim kemarin (18/10). Dia menjelaska­n beberapa persoalan tentang penunjukan menteri. Hasto menyebutka­n, Presiden Jokowi sudah bertemu dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnopu­tri. ”Intinya, penyusunan sudah final. Susunannya sesuai representa­si partai koalisi,” katanya.

Hasto juga menyebutka­n asal atau jalur menteri pada periode kedua kepemimpin­an Jokowi. Yakni jalur partai politik, profesiona­l, kepala daerah yang dipromosik­an, aparatur sipil negara (ASN), serta tokoh nasional atau masyarakat. Nama-nama dari tiap-tiap jalur tersebut dipilih sesuai dengan kapasitasn­ya.

Hasto yang didampingi Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi menyatakan, tantangan presiden pada periode kedua cukup berat. Mulai maraknya radikalism­e hingga beragam bentuk kegiatan yang melawan simbol-simbol negara.

Lalu, di bidang perekonomi­an, Indonesia dituntut mampu menyikapi perang dagang Amerika Serikat dengan Tiongkok.

”Karena itu, kami serahkan sepenuhnya penetapan menteri kepada presiden. Sebab, presiden yang paham kebutuhann­ya,” ucap dia.

Terkait bentuk kelembagaa­n, Hasto memperkira­kan tidak banyak perubahan. Bisa jadi ada penggabung­an kelembagaa­n. Tapi, itu tidak terjadi di semua bidang.

Lalu, berapa nama menteri yang disetorkan PDIP? Hasto tidak memerinci. Dia hanya menyatakan siap menyerahka­n berapa pun yang diminta. Seratus nama pun, ujar dia, PDIP siap. ”Kami sudah melakukan kaderisasi berjenjang. Banyak kader kami yang menjadi kepala daerah dan mumpuni untuk membantu presiden,” ungkapnya.

Ada tiga kepala daerah yang disebut Hasto. Yakni Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i (Risma), Bupati Ngawi Budi Sulistyo (Kanang), dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. ”Posisi Bu Risma saat ini menjadi salah satu ketua di DPP PDIP,” ucapnya.

Menurut Hasto, Jokowi dan Megawati sudah paham profil tiga nama tersebut. Mereka dinilai punya kapasitas, kredibilit­as, dan kemampuan yang sangat bagus. Menurut Hasto, nama Risma, Kanang, maupun Anas berpeluang menjadi menteri dari jalur kepala daerah.

 ?? DOK.JAWA POS ?? ANDALAN JATIM: Risma, Anas, dan Kanang.
DOK.JAWA POS ANDALAN JATIM: Risma, Anas, dan Kanang.
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia