Jawa Pos

Langganan Kursus Singkat Kepemiluan

-

JAKARTA, Jawa Pos – Sebuah lukisan akrilik yang berukuran A2 diserahkan kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman di ruang rapat KPU kemarin (18/10). Lukisan itu karya Muhammad Hanif Anaafi, siswa kelas VI SDN Menteng 03, Jakarta. Kemarin Hanif dan puluhan rekannya berkunjung ke KPU untuk belajar seluk-beluk pemilu.

”Tadi (kemarin, Red) kami simulasi pemilihan ketua kelas,” terang Hanif seusai pertemuan kemarin. Tiga kandidat dipilih dengan sistem voting tertutup. Selain simulasi pemilihan ketua kelas, para siswa juga diberi pengetahua­n dasar soal pemilihan umum di Indonesia. Juga soal sistem demokrasi yang dianut negara kita.

Ketua KPU Arief Budiman menjelaska­n, menerima kunjungan seperti itu adalah salah satu kegiatan KPU di luar aktivitas pemilu dan pilkada. ”Ada saja dari SD, SMP, atau SMA yang mengajukan kunjungan ke sini,” terangnya. Kadang KPU juga mengundang siswa sekolah untuk datang. Minimal satu kali dalam sebulan pihaknya menerima kunjungan seperti itu. Kadang beberapa kali dalam sebulan.

Arief menuturkan, kunjungan seperti itu biasanya diisi dengan kursus singkat kepemiluan. Para siswa diberi pemahaman demokrasi dan kepemiluan sesuai tingkatan masing-masing. Diharapkan, ketertarik­an terhadap proses pemilu bisa tumbuh sejak dini. Ujungnya, mereka bisa berpartisi­pasi lebih aktif ketika sudah memiliki hak pilih.

Lukisan yang dibuat Hanif menggambar­kan gurunya yang berkisah tentang kunjungan mereka ke KPU. Sosok Arief Budiman digambarka­n menyambut di depan gerbang dengan latar belakang gedung KPU. ”Ini saya buat dalam waktu sehari,” tambah siswa berkacamat­a itu.

 ?? BAYU PUTRA/JAWA POS ?? PRAKTIK PEMILU: Siswa SDN Menteng 03 menyerahka­n kenang-kenangan lukisan kepada Ketua KPU Arief Budiman di kantor KPU, Jakarta, kemarin. Mereka juga melakukan simulasi pemilihan ketua kelas dengan sistem pemilu yang diajarkan KPU.
BAYU PUTRA/JAWA POS PRAKTIK PEMILU: Siswa SDN Menteng 03 menyerahka­n kenang-kenangan lukisan kepada Ketua KPU Arief Budiman di kantor KPU, Jakarta, kemarin. Mereka juga melakukan simulasi pemilihan ketua kelas dengan sistem pemilu yang diajarkan KPU.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia