Jawa Pos

Sering Kena Prank Anak

Pandji Pragiwakso­no, 40, adalah komika, penyanyi rap, dan penulis buku yang sukses. Namun, bagaimana dia menjalani dua peran penting dalam hidup sebagai suami dan ayah untuk dua buah hatinya?

-

Ngobrol Bareng Pandji Pragiwakso­no soal Karir dan Keluarga

Tidak terlalu tertarik ngeroastin­g public figure yang ramai dibicaraka­n. Misalnya, Lucinta Luna dan Atta Halilintar. Pandji mengaku tidak mengenal mereka sehingga susah menggali materi roasting. Namun, jika diberi kesempatan, dia sangat ingin nge-roasting Presiden Joko Widodo. Mengaku mengagumi Andi Wijaya alias Awwe. Sebab, menurut dia, Awwe punya sesuatu yang tidak dimiliknya. ’’Awwe itu level komedinya bisa diterima di atas dan di bawah. Nah, susah menemukan selera komedi yang pas seperti itu,’’ ujarnya. Dalam setahun, ada beberapa hari yang wajib libur. Pas hari ulang tahun Gamalia, ulang tahun Dipo, ulang tahun Shira, weekend setelah ulang tahun Dipo dan Shira, dan tanggal pernikahan. ’’Di situ kami menghabisk­an waktu bersama. Tadinya ultah saya juga, tapi saya relain buat dipake kerja aja,’’ katanya.

RIBUAN fans rela antre demi menonton aksi kocaknya dalam stand-up comedy. Pandji selalu punya sejuta cara untuk membuat penonton tertawa dengan ucapannya yang lucu sekaligus kritis. Bakat itu rupanya menurun kepada Wadilla Dipo Wongsoyudo (Dipo) dan Ourania Almashira Wongsoyudo (Shira), kedua anaknya.

Mereka punya cara masing-masing untuk mencuri perhatian sang ayah. ’’Kalau yang cowok (Dipo, Red), sukanya bikin joke. Terlalu lucu sih dia. Kalau yang cewek (Shira, Red), sukanya nge-prank,’’ ucap Pandji kepada Jawa Pos di sela-sela turnya di Surabaya beberapa waktu lalu.

Pernah suatu malam, Pandji pulang ke rumah dan langsung masuk ke kamar. Kebetulan, meski Shira sudah punya kamar sendiri, Pandji dan sang istri masih suka tidur bersamanya. Begitu Pandji membuka pintu kamar, ada boneka bayi perempuan yang mata, telinga, dan hidungnya berdarah.

’’Saya kan jadi ngejerit, ’Hah, siapa ini yang naruh di sini?’. Eh, dari pojokan dia (Shira, Red) cekikikan,’’ ungkapnya. Ternyata, Shira meneteskan pewarna makanan pada wajah boneka tersebut.

Lain cerita ketika aktor film DOA itu mandi saat malam. Tiba-tiba lampu kamar mandi mati. ’’Saya langsung teriak, ’Eh siapa ini?.’ Lalu, saya denger dia cekikikan,’’ katanya.

Menurut Pandji, anak-anaknya sering mendapat inspirasi joke dan prank dari YouTube. Pandji memang membebaska­n kedua anaknya untuk mengakses internet. ’’Enggak ada blokir-blokiran. Tapi, mereka harus tahu mana yang boleh dan enggak boleh ditonton,’’ jelasnya.

Pandji ternyata juga suka mengajak Dipo bikin cerita film. Cerita karangan bocah 12 tahun itu cukup sederhana. Tentang dua agen. Mirip film laga yang menjadi genre film debut Pandji sebagai sutradara. ’’Awalnya, dia ceritain ke saya. Tapi, saya nggak ngerti,’’ tuturnya.

Pandji pun menyaranka­n anaknya untuk bikin skenario dan storyboard. ’’Dia langsung ke storyboard-nya dalam bentuk gambar karena malas nulis,’’ ujarnya. Kini, Dipo sudah punya satu buku yang full berisi imajinasi filmnya.

Selain itu, Pandji punya trik jitu untuk tetap berhubunga­n baik dengan sang istri, Gamila Mustika. Pada 2019 ini, keduanya sudah 13 tahun menikah dan jauh dari kabar miring. ’’Dia dan saya datang dari keluarga yang samasama cerai. Pembelajar­annya, kadang kalau sudah menikah, kita terlalu sibuk dengan peran sebagai orang tua dan lupa tanggung jawab sebagai pasangan,’’ paparnya.

Tiap pagi Pandji menyempatk­an diri untuk mengantar anak-anaknya ke sekolah bersama sang istri. Dilanjutka­n dengan nongkrong bareng Gamila. ’’Sekadar ngopi atau sarapan bareng. Sebelum pacaran pun, kami temen yang suka nongkrong,’’ katanya.

Mereka juga sering nonton film berdua. Dipo dan Shira dititipkan kepada babysitter atau neneknya untuk sementara. ’’Hubungan ini mesti dibela,’’ tegas Pandji.

 ?? DAILY MAIL ?? KONFLIK: Jeremy Renner (kiri) dan Sonni Pacheco yang menggendon­g anak mereka, Ava Berlin, saat masih rukun. Saat ini keduanya memperebut­kan hak asuh anak.
DAILY MAIL KONFLIK: Jeremy Renner (kiri) dan Sonni Pacheco yang menggendon­g anak mereka, Ava Berlin, saat masih rukun. Saat ini keduanya memperebut­kan hak asuh anak.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia