Jawa Pos

Kans Quartararo Revans

Zarco Pastikan Tak ke Yamaha

- JUN QIAN

minton lovers nggak ’’Game

MOTEGI, Jawa Pos – Rider-rider MotoGP hanya punya waktu sehari untuk menemukan setting-an motor yang pas di balapan GP Jepang besok. Hari ini hujan diperkirak­an mengguyur sirkuit pada sesi latihan bebas ketiga (FP3) dan kualifikas­i. Melihat hasil latihan bebas hari pertama, para penunggang Yamaha berpotensi bersaingme­rebutkemen­angan.

Dua pembalap Yamaha tampil tercepat pada dua sesi latihan bebas hari pertama kemarin (18/10). Bintang Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo membukukan catatan waktu terbaik 1 menit 44,764 detik. Unggul 0,321 detik dari Maverick Vinales (Monster Yamaha) di tempat kedua. Sedangkan di posisi ketiga, ada juara dunia MotoGP 2019 Marc Marquez (Repsol Honda) dengan selisih 0,336 detik.

Sekali lagi Quartararo mampu membuktika­n bahwa tambahan 500 rpm yang diberikan Yamaha di mesinnya sejak GP Thailand berpengaru­h besar pada performany­a. Sayangnya, sudah dua kali rider 20 tahun itu kalah ketika berduel di tikungan terakhir dengan Marquez. Nah, di Motegi besok, Quartararo punya kans besar untuk membalas dendam. ’’Besok (hari ini) cuaca akan sangat berbeda dengan tahun lalu. Jadi, kami tidak punya banyak data untuk menghadapi kondisi tersebut. Namun, kami tetap menargetka­n bisa mengamanka­n posisi start di baris terdepan,’ ucapnyadil­ansirMotor­sport.

Kabar lain datang dari Johann Zarco. Dia mengonfirm­asi bahwa pinangan LCR Honda untuk menggantik­an Takaaki Nakagami di tiga balapan terakhir musim ini berarti pintu untuk kembali ke Yamaha sudah tertutup. Padahal, Yamaha sangat berharap mantan rider KTM tersebut menerima tawaran mereka sebagai pembalap uji musim depan.

’’Ada rivalitas besar antara Honda dan Yamaha. Saya sudah berbicara ke tiap-tiap pihak. Dan mereka menjelaska­n dengan jelas konsekuens­inya,’’ ucap Zarco dilansir Motorsport. Laporan dari Motegi rubber game. Zarco akhirnya memilih merapat ke LCR dengan risiko tidak akan mendapatka­n seat di MotoGP musim depan. Sebab, LCR memastikan telah memperpanj­ang kontrak Nakagami. Zarco akan mulai menunggang­i Honda RC213V di Phillip Island dan berlanjut di Sepang dan Valencia.

Setelah gagal mendatangk­an Zarco, Yamaha langsung berancang-ancang memperpanj­ang kontrak test rider mereka musim ini, Jonas Folger. Namun, kegagalan mendatangk­an Zarco tetap saja dianggap sebagai hal yang merugikan. Valentino Rossi bahkan ikut angkat suara terkait hal tersebut. ’’Akan sulit menemukan pembalap sekelas Zarco. Tapi, kami tetap harus menemukann­ya sekarang,” ucap Rossi.

Terkait pengganti Zarco di KTM, sempat muncul kabar bahwa rider Moto2 Remy Gardner menjadi salah satu kandidat terkuat. Namun putra juara dunia kelas 500 cc Wayne Gardner tersebut mengonfirm­asi bahwa dia belum tertarik naik ke kelas premium. Dia masih ingin bertahan di kelas intermedia­te setidaknya semusim lagi. ‘’Manajerku sempat menanyakan, bagaimana kalau KTM menghubung­i dan apa jawabanku? Aku bilang aku (masih) senang bertarung di depan di Moto2,’’ terangnya. Saat ini Gardner bertengger di posisi 12 klasemen pembalap.

 ??  ?? KECEWA: Ekspresi Jonatan Christie saat kalah oleh Rasmus Gemke Kamis lalu (17/10). bisa
KECEWA: Ekspresi Jonatan Christie saat kalah oleh Rasmus Gemke Kamis lalu (17/10). bisa
 ??  ?? GAGAL: Kiki Bertens gagal tampil di WTA Finals setelah langkahnya terhenti di perempat final Kremlin Cup kemarin (18/10).
GAGAL: Kiki Bertens gagal tampil di WTA Finals setelah langkahnya terhenti di perempat final Kremlin Cup kemarin (18/10).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia