Jawa Pos

Suami Istri Otaki Pembunuhan

Terus-terusan Ditagih Utang, Ajak Empat Orang untuk Eksekusi

-

SURABAYA, Jawa Pos – Misteri penculikan berujung pembunuhan terhadap Bangkit Maknutu Dunirat terkuak. Satreskrim Polrestabe­s Surabaya meringkus sebagian besar pelakunya. Hingga kemarin (18/10) sudah ada empat orang yang ditangkap. Ironisnya, dua di antaranya adalah pasangan suami istri (pasutri). Nah, yang perempuan merupakan mantan pacar korban.

Empat tersangka yang ditangkap adalah Bambang Irawan, 27; Rulin Rahayu, 32; Kresna Bayu, 22; dan Rizaldy Firmansyah, 19. Nah, Bambang dan Rulin merupakan pasangan suami istri yang tinggal di Perumahan Magersari, Sidoarjo

J

”Ide awal penculikan dari mereka,” ujar Wakapolres­tabes Surabaya AKBP Leonardus Simarmata.

Rulin, lanjut Leo, pernah menjalin hubungan dengan korban. Mereka berpacaran pada 2015. Hubungan itu hanya bertahan dua tahun. Rulin merasa hanya ditipu. Ya, dia menyebut beberapa kali dikadali korban.

Pertama, saat Rulin meminta korban menjualkan mobil Suzuki Swift miliknya. ”Laku Rp 93 juta,” kata Leo. Uang itu tidak diberikan semua. Rulin mengaku hanya diberi Rp 5 juta. Bangkit disebut selalu berkilah saat Rulin meminta sisanya.

Bukan hanya itu. Rulin mengaku bahwaBangk­itjugapern­ahmengajuk­an kredit Toyota Yaris pada 2016. Namun,pengajuank­edileratas­nama Rulin. Rulin saat itu setuju karena termakanbu­jukrayujan­jipernikah­an yangdilont­arkankorba­n.”Eh,beberapa bulankemud­ianhubunga­nmereka malah putus,” tutur perwira dengan dua melati di pundak itu.

Rulin awalnya tidak peduli dengan mobil tersebut. Namun, belakangan masalah muncul. Kredit mobil itu macet. Bangkit tidak membayar cicilan. Rulin kontan saja dicaricari debt collector. Dia terus dikejar penagih utang. Meski mobil tidak berada di tangannya.

Masalah semakin pelik tatkala korban menghilang. Bangkit tidak bisa dikontak. Alhasil, Rulin dipaksa membayar cicilan. Hingga akhirnya Rulin mendengar kabar bahwa Bangkit berada di Sumenep, Madura, pada September 2017. Rulin saat itu sudah punya pacar lain. Yakni, Bambang Irawan yang kini menjadi suaminya.

Rulin curhat kepada Bambang tentangpro­blemyangdi­hadapinya. Bambang yang iba mengantarn­ya ke Madura. Niatnya menyelesai­kan persoalans­ecarakekel­uargaan.Tetapi, niatitukan­das.Bangkitjus­trumengusi­r mereka. Bambang tidak berdaya dengan perlakuan tersebut.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia