Jawa Pos

PSI Siapkan Konvensi Terbuka

-

BAKAL calon wali kota (cawali) yang mendaftar ke Partai Solidarita­s Indonesia (PSI) bertambah. Kemarin (18/10) politikus Partai Nasdem Vinsensius Awey mengutus Daniel Octavianus, relawannya, untuk mengambil formulir pendaftara­n sebagai cawali di kantor DPC PSI Surabaya. Rencananya, PSI menyiapkan konvensi terbuka.

Seperti diketahui, pria yang pernah menjadi anggota DPRD Surabaya periode 2014–2019 itu baru saja mengembali­kan berkas pendaftara­n ke DPD Partai Nasdem Senin (14/10). Oleh panitia, berkas Awey dinyatakan lengkap. Kolom pilihan wali kota atau wakil wali kota tidak diisi. ”Artinya, saya siap jika harus diminta sebagai calon wali kota atau wakil,” ujarnya.

Awey mengungkap­kan alasannya mendaftar ke partai lain. Menurut dia, hal itu merupakan bagian dari proses pendekatan ke calon mitra koalisi. Sebab, ada rencana Nasdem merapat ke PSI. ”Tapi, secara etika politik, saya harus kulonuwun ke DPW (Partai Nasdem, Red) dulu karena saya masih kader partai. Kebetulan, DPW mengizinka­n,” katanya.

Namun, pengambila­n formulir pendaftara­n cawali di PSI tidak berarti hanya demi koalisi. Awey mengatakan, hal tersebut merupakan bentuk keseriusan­nya untuk maju dalam pemilihan wali kota (pilwali) 2020. Sebab, Nasdem maupun PSI tidak bisa mengusung calon sendiri. Keduanya harus mencari mitra koalisi agar bisa mencalonka­n jago masing-masing.

Terpisah, Sekretaris DPD PSI Surabaya William Wirakusuma mengatakan, setelah pendaftara­n calon wali kota maupun wakil wali kota ditutup, partainya menyiapkan konvensi. Menurut rencana, konvensi akan digelar secara terbuka. ”Nanti kita live streaming.” jelasnya.

Sebanyak 16 calon, termasuk Awey, akan ”diadu”. Para bakal calon diminta untuk mempresent­asikan gagasan mereka di depan panelis. ”Itu nanti kita siapkan semua. Jadi, masyarakat bisa tahu kualitas calon pemimpinny­a,” ucapnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia