Jawa Pos

Ikut Gelorakan 1 Miliar Salawat Nariyah

-

GRESIK, Jawa Pos – Geliat Hari Santri Nasional (HSN) 2019 yang diperingat­i setiap 22 Oktober semakin terasa. Termasuk di Gresik sebagai salah satu Kota Santri. Sejumlah ormas dan elemen masyarakat berlomba untuk menyemarak­kan momen tersebut.

Tak terkecuali DPRD Gresik. Bersama PC NU, PC Rabithah Ma’ahid Islamiyah NU (RMINU) Gresik, dan badan otonom (banom), DPRD sudah mengagenda­kan sejumlah kegiatan. ”Gresik ini Kota Santri. Karena itu, sebagai representa­si masyarakat, tentu DPRD ingin ikut hadir dalam peringatan HSN kali ini,” kata Ketua DPRD Gresik Fandi Akhmad Yani kemarin (18/10).

Salah satu agenda besar yang siap dilaksanak­an adalah istighotsa­h akbar dan pembacaan salawat nariyah serentak pada malam sebelum HSN (21/10). Acara itu merupakan bagian dari program pembacaan 1 miliar salawat nariyah yang digelar serentak di berbagai daerah.

Menurut Yani, selain mengundang para ulama, kiai sepuh, perwakilan lembaga dan banom NU, serta ormas-ormas, pihaknya mengajak perwakilan santri dari berbagai pondok pesantren (ponpes) di Gresik. ’’Insya Allah akan dihadiri ribuan orang,’’ ujarnya.

Acara tersebut, lanjut dia, juga akan menghadirk­an ulama milenial asal Ponpes Lirboyo, Kediri. Yakni, Dr KH Reza Ahmad Zahid (Gus Reza). ”Kami memang ingin nuansa milenial lebih terasa dalam peringatan HSN ini. Sebab, mereka adalah generasi masa depan. Kami ingin spiritual mereka juga kukuh,” kata Yani.

Peringatan HSN 2019 juga dijadikan ajang untuk semakin memperkuat eksistensi pesantren di Gresik. Itu sesuai tema HSN tahun ini, Santri Unggul Indonesia Makmur. Karena itu, DPRD bekerja sama dengan RMI-NU juga bakal menyelengg­arakan seminar tentang pengembang­an pesantren pada 27 Oktober.

”Kami akan undang lembagalem­baga yang bisa ikut memfasilit­asi pengembang­an pesantren di berbagai bidang,” kata Ketua PC RMI-NU Gresik HM. Alaudin.

 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? BERJAMAAH: Ratusan pelajar SD Muhammadiy­ah GKB melakukan salat Istisqa di halaman sekolah kemarin.
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS BERJAMAAH: Ratusan pelajar SD Muhammadiy­ah GKB melakukan salat Istisqa di halaman sekolah kemarin.
 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? KANDUNGAN MIGAS: Sumur North West Lengowangi di Desa Suci, Manyar, segera berproduks­i.
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS KANDUNGAN MIGAS: Sumur North West Lengowangi di Desa Suci, Manyar, segera berproduks­i.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia