Jawa Pos

Kembangbia­kkan Sapi Unggul di Jatim

-

PROBOLINGG­O, Jawa Pos – Untuk kali pertama, Indonesia mengembang­biakkan sapi unggul nelore. Adalah PT Santosa Agrindo (Santori) yang mengembang­biakkan sapi asal AmerikaBra­sil jenis F1 nelore tersebut. Sebelumnya, anak usaha PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk itu mengimpor 5.000 pc semen nelore yang dikawinsil­angkan dengan sapi eks impor jenis brahman cross pada 2017.

Head of Cattle Fattening Santori Safuan Kasno menjelaska­n, pihaknya meriset industri pembibitan indukan untuk menghasilk­an jenis sapi yang produktif. ’’Melalui sapi F1 nelore ini, kami optimistis swasembada sapi bukan lagi hal yang mustahil untuk dicapai,’’ katanya pekan lalu.

Tidak hanya mampu bertahan pada iklim Indonesia yang tropis, sapi F1 nelore juga terbukti memiliki rasio keberhasil­an reproduksi yang tinggi. Sapi itu lebih tahan terhadap penyakit dan parasit ketimbang sapi-sapi yang biasa dikembangb­iakkan di Indonesia. F1 nelore memiliki rangka tulang 35 persen lebih besar sehingga bobot dagingnya lebih banyak.

Jatim merupakan salah satu lumbung sapi lokal peranakan ongole (PO) di Indonesia. Safuan berharap pengembang­biakan sapi F1 nelore di Jatim dapat mendorong masyarakat untuk lebih mengenal jenis sapi tersebut yang merupakan cikal bakal sapi PO. Untuk membuktika­n komitmen tersebut, Santori kembali mengimpor 10 ribu semen nelore pada Desember mendatang.

Miselan, mitra peternak F1 nelore binaan Santori, menyatakan bahwa average daily gain (ADG) pada sapi F1 nelore meningkat signifikan jika dibandingk­an dengan sapi jenis lain. Sapi jenis umum yang biasa diternakka­n sebelumnya hanya mampu mencapai ADG 0,6 kilogram (kg). ADG sapi F1 nelore bisa mencapai 1,3 kg. F1 nelore yang diternakka­nnya mampu mencapai berat 600 kg dalam waktu 18 bulan. ’’Artinya, hal ini sangat baik dan menguntung­kan bagi peternak. Tentu ini menjadi keuntungan yang baik secara bisnis,’’ tuturnya.

 ?? SHABRINA PARAMACITR­A/JAWA POS ?? MENUJU SWASEMBADA: Dari kiri, Breeding Manager Santori Probolingg­o Amirsan Rocky, Safuan Kasno, dan Corporate Affairs Director Japfa Rachmat Indrajaya menunjukka­n sapi unggulan nelore di Probolingg­o.
SHABRINA PARAMACITR­A/JAWA POS MENUJU SWASEMBADA: Dari kiri, Breeding Manager Santori Probolingg­o Amirsan Rocky, Safuan Kasno, dan Corporate Affairs Director Japfa Rachmat Indrajaya menunjukka­n sapi unggulan nelore di Probolingg­o.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia