Jawa Pos

Unisma Menuju World Class University

Tingkatkan Kualitas Dosen dan Mahasiswa

-

INOVASI dan pembenahan di berbagai bidang terus dilakukan Universita­s Islam Malang (Unisma). Fasilitas kampus ditambah, gedung dibangun, dan kualitas output mahasiswa semakin ditingkatk­an. Unisma berupaya menjadi world class university. Kegigihan itu mulai menampakka­n hasil. Unisma kini tak hanya eksis di skala nasional, namun juga mulai dikenal dalam ekosistem pendidikan internasio­nal.

Unisma makin mematangka­n langkah demi mencapai target menjadi rujukan perguruan tinggi dengan world class university. Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri MSi menuturkan, berbagai hal disiapkan untuk mencapai target tersebut. ”Kami menyiapkan langkah, bukan cuma dari fasilitas kampus, tapi juga dengan memperdala­m ilmu para dosen,” ujarnya.

Pelengkapa­n sarana dan prasarana adalah salah satu langkah konkret yang sudah ditempuh. Menurut Maskuri, gedung Unisma kini dibangun hingga lantai 9. Fasilitasn­ya pun semakin lengkap. Dana senilai Rp 20 miliar digelontor­kan untuk melengkapi peralatan laboratori­um. Hal itu demi membuat kegiatan belajar mahasiswa semakin mudah.

Peningkata­n kualitas dosen juga menjadi langkah lain dalam mengembang­kan Unisma. Terkait hal itu, Unisma memfasilit­asi para dosen menelurkan karya ilmiah tiap tahun. Penulisan karya ilmiah akan memacu dosen untuk terus mengembang­kan diri dan upgrade keilmuanny­a.

”Lalu kita jadikan itu semua sebagai bahan di pusat library,” ungkap Maskuri. Pihaknya kini sedang menyusun enam buku keagamaan. Buku-buku keagamaan itu diharapkan Maskuri dapat berkontrib­usi terhadap bangsa dan negara.

Unisma sejauh ini telah bekerjasam­a dengan 28 negara untuk student exchange. Di antaranya, Rusia, Amerika Serikat, Yordania, Libia, Jepang, Tiongkok, dan Mesir. Unisma setiap tahun juga kedatangan mahasiswa asing.

Selain pertukaran pelajar, sebanyak 28 negara itu juga bekerjasam­a dalam hal lain. Di antaranya adalah kurikulum bersama, hingga berbagi karya ilmiah atau research. Tiap tahun, Unisma juga dikunjungi puluhan rektor dari 14 negara dan 30 delegasi. Kedatangan itu dalam rangka mempelajar­i kurikulum yang dipakai Unisma.

Unisma juga menyediaka­n sebuah wadah bagi mahasiswa yang ingin memasarkan produknya. ”Mahasiswa bisa mengajukan proposal lalu dipresenta­sikan. Jika lolos, produk mereka akan dibiayai dan dipasarkan di Unisma. Hal tersebut sesuai dengan pendidikan kini yang berbasis entreprene­ur untuk menghadapi era revolusi industri 4.0,” ujar Maskuri.

Kami menyiapkan langkah, bukan cuma dari fasilitas kampus, tapi juga dengan memperdala­m ilmu para dosen.”

 ?? UNISMA FOR JAWA POS ?? SKALA INTERNASIO­NAL: Unisma kerap dikunjungi rektor dan delegasi dari luar negeri untuk mempelajar­i langsung kurikulum dan sistem pengajaran yang diterapkan.
UNISMA FOR JAWA POS SKALA INTERNASIO­NAL: Unisma kerap dikunjungi rektor dan delegasi dari luar negeri untuk mempelajar­i langsung kurikulum dan sistem pengajaran yang diterapkan.
 ?? UNISMA FOR JAWA POS ??
UNISMA FOR JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia