Jawa Pos

Karakter dengan Banyak ’’Topeng’’

-

Laporan New York, AS Damon Lindelof sempat menolak tawaran HBO dan Warner Bros. untuk menggarap serial Watchmen. Pada tawaran ketiga, barulah dia menerima dan memutuskan untuk membuat cerita Watchmen versinya. Showrunner Damon Lindelof merupakan fans berat novel grafis Watchmen karya Alan Moore bersama Dave Gibbons dan colorist John Higgins. Proses syuting serial itu memakan waktu hingga 8 bulan. Jeremy Irons sebelumnya memerankan Alfred dalam Batman v Superman: Dawn of Justice yang juga diangkat dari jagat DC Comics.

REGINA King, 48, dan Jeremy Irons, 71, memerankan dua karakter penting dalam serial Watchmen yang tayang mulai pagi ini (21 Oktober) pukul 08.00 di HBO dan HBO GO. Berikut wawancara dengan keduanya dalam sesi pressjunke­t yang dihadiri Jawa Pos pada 3 Oktober lalu di New York, AS. Bagaimana awal menerima peran dalam Watchmen?

Regina: Aku sudah pernah kerja bareng Damon Lindelof (showrunner Watchmen,Red) di The Leftovers. Juga dengan Nicole Kassell (sutradara pilot episode Watchmen, Red). Sebagai kreator, mereka sangat bisa dipercaya dalam mengekseku­si cerita. Aku baca script-nya. Aku tahu aku aman.

Bagaimana mendeskrip­sikan karakter yang Anda mainkan?

Regina: Angela Abar adalah seorang istri, seorang ibu. Di luar itu, dia memiliki tanggung jawab sebagai detektif polisi, Sister Night. Dia punya banyak ’’topeng’’. Dia mewakili bagaimana kita semua, manusia mengubah ’’topeng’’ setiap waktu.

Jeremy: Saat lunch dengan Damon (Lindelof, Red), dia tidak cerita banyak soal karakterku. Dia hanya menyebut superhero yang sudah pensiun. Maka, aku juga tidak bisa bercerita banyak tentang peranku (tersenyum tipis). Meskipun tahu apa yang terjadi di Tulsa, aku hanya berkonsent­rasi pada duniaku.

(Jeremy Irons disebut-sebut memerankan Adrian Veidt, a.k.a. Ozymandias, yang merencanak­an jutaan kematian. Pada New York Comic Con awal Oktober, HBO merilis foto Irons tanpa nama karakter, hanya sedikit hint: ’’Mungkin kamu tahu dia siapa’.’)

Apakah mempelajar­i karakter dengan membaca novel grafisnya?

Regina: Tidak. Karakter yang aku mainkan ini baru, tidak ada di novel grafis. Damon menjelaska­n sedikit tentang cerita komik itu sebagai background. Dan, serial ini tentang 30 tahun setelah halaman terakhir komik. Jadi, saya memiliki kebebasan untuk tidak harus membacanya terlebih dulu.

Merasa terhubung dengan karakter yang dimainkan?

Regina: Well, cerita yang disajikan adalah alternate history. AS punya sejarah panjang, termasuk dengan warga kulit hitam. Memerankan seorang detektif polisi perempuan kulit hitam aku berusaha menghidupk­an karakter itu dengan sebaik-baiknya.

Jeremy: Aku tidak pernah membayangk­an menjalani hidup seperti karakter yang aku mainkan di sini. Itu mengerikan. Dia memang tidak seperti orang kebanyakan. Sebenarnya aku tidak pernah menilai karakterku. It’s up to the audience.

Bagaimana beradu peran dengan pemeranpem­eran lainnya?

Regina: Serial ini bertabur aktor veteran. Ada Louis Gossett Jr, Jean Smart, Don Johnson, Jeremy Irons. Wow! Setiap orang memberikan performanc­e kelas A. Aku merasa beruntung berada di tengah-tengah mereka. Kami memiliki koneksi yang kuat. Aku mengingat salah satu scene dengan Jean Smart. Itu seperti pertanding­an tenis antara Serena Williams dan Maria Sharapova. Serial ini jelas layak ditunggu.

Jeremy: Aku sangat menikmati menjadi bagian serial ini dengan cast-cast lainnya. Menemukan cerita yang bagus itu perbanding­annya bisa 1:100. Damon dan Nicole memberikan rasa percaya diri untuk memainkan karakter ini secara optimal.

Wawancara Regina King & Jeremy Irons, Dua Bintang Watchmen

 ?? FRAZER HARRISON/ GETTY IMAGES/AFP THEO WARGO/ GETTY IMAGES FOR BROOKLYN ACADEMY OF MUSIC/AFP ?? NORA SAMPURNA BANYAK PERAN: Regina King (tengah) memainkan karakter Angela Abar, seorang ibu dan detektif.
FRAZER HARRISON/ GETTY IMAGES/AFP THEO WARGO/ GETTY IMAGES FOR BROOKLYN ACADEMY OF MUSIC/AFP NORA SAMPURNA BANYAK PERAN: Regina King (tengah) memainkan karakter Angela Abar, seorang ibu dan detektif.
 ??  ??
 ?? ELDER ORDONEZ/SPLASHNEWS.COM VIA PEOPLE ?? BABAK BARU: Jennifer Lawrence dan Cooke Maroney sudah resmi jadi suami istri.
ELDER ORDONEZ/SPLASHNEWS.COM VIA PEOPLE BABAK BARU: Jennifer Lawrence dan Cooke Maroney sudah resmi jadi suami istri.
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia