Jawa Pos

Ketua PC NU: PDIP-NU Format Ideal

Jalinan di Pilpres Bisa Berlanjut di Pilwali Surabaya

-

SURABAYA, Jawa Pos – Ketua PC NU Surabaya Muhibbin Zuhri memakai kemeja dan sarung serbamerah saat menghadiri DPC PDIP Surabaya kemarin. Kehadirann­ya pun dihubung-hubungkan dengan pilwali Surabaya nanti.

”PDIP dan NU memang format ideal. Itu sudah terbukti di pilpres,” kata Muhibbin. Dia menjelaska­n bahwa Presiden Jokowi adalah salah satu kader terbaik PDIP. Sementara itu, Kiai Ma’ruf Amin merupakan salah satu kader terbaik NU.

Selama ini PDIP bergerak di bidang politik dan kebijakan. Di sisi lain, NU bergerak di bidang sosial keagamaan. Menurut dia, gabungan keduanya mencermink­an keseimbang­an.

Lalu, bagaimana dengan pilwali? PC NU akan menyerap suara masyarakat. Hasilnya disampaika­n ke parpol yang akan bertarung dalam pilwali nanti. Muhibbin menegaskan bahwa NU tak akan mendikte partai mana pun. Namun, menurut dia, setiap parpol pasti akan merenungka­n masukan dari elemen masyarakat.

Saat ini banyak kader NU yang sudah bermuncula­n dalam bursa pilwali. Antara lain, Wakil Ketua DPD Golkar Jatim Zahrul Azhar As’ad alias Gus Hans, Wakil Sekretaris Muslimat NU Jawa Timur Dwi Astuti, Pengurus Fatayat NU Jatim Lia Istifhama, dan Bupati Pamekasan Badrut Tamam.

Nama Muhibbin Zuhri juga beberapa kali masuk bursa bakal calon wakil wali kota yang akan mendamping­i PDIP. Namun, dia enggan mengomenta­ri hal tersebut. ”Lho, durung sampek mrono,” tuturnya, lantas tersenyum.

Ketua DPC PDIP Surabaya Adi Sutarwijon­o mengungkap­kan, hubungan PDIP tak hanya terjalin baik dengan NU. Sebelumnya, tokoh Muhammadiy­ah Surabaya Abdul Wahid Syukur sudah lebih dulu hadir saat peresmian kantor baru DPC PDIP di Jalan Setail No 8 pada 12 September.

Awi, sapaan akrab Adi, berharap harmoni PDIP, NU, serta komponen keagamaan lainnya tetap bergulir dalam kerja-kerja kongkret di lapangan. ”Yang pasti, ketua PC NU tadi mendoakan kemenangan PDIP di pilkada Surabaya 2020,” kata pria yang juga menjabat ketua DPRD Surabaya itu.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? HARMONIS: Adi Sutarwijon­o (empat dari kiri) didampingi Ketua PC NU Surabaya Muhibin Zuhri (tiga dari kiri) menyanyika­n lagu Indonesia Raya pada acara syukuran pelantikan presiden dan Wapres di kantor DPC PDIP kemarin (20/10).
ALFIAN RIZAL/JAWA POS HARMONIS: Adi Sutarwijon­o (empat dari kiri) didampingi Ketua PC NU Surabaya Muhibin Zuhri (tiga dari kiri) menyanyika­n lagu Indonesia Raya pada acara syukuran pelantikan presiden dan Wapres di kantor DPC PDIP kemarin (20/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia