Jawa Pos

14 Orang Kembalikan Formulir Bacawali

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sudah ada beberapa bakal calon wali kota (bacawali) yang mengembali­kan formulir pendaftara­n ke DPD Partai Solidarita­s Indonesia (PSI) Surabaya. Mereka bakal beradu visi-misi di depan panelis saat konvensi terbuka bulan depan. Akademisi, ahli tata kota, dan hukum tata negara dilibatkan.

Ketua DPD PSI Surabaya Puji Andansari menyatakan, sebelum memulai konvensi terbuka, panitia pendaftara­n pemilihan umum wali kota (pilwali) 2020 akan memverifik­asi berkas terlebih dahulu. Batas waktunya sampai 29 Oktober ini. ”Setelah itu, baru kita siapkan wawancara dan debat visi-misi secara terbuka, live streaming,” ujarnya kemarin (20/10).

Puji menyatakan sengaja melibatkan panelis dari kalangan akademisi dan beberapa ahli. Menurut dia, partainya ingin menunjukka­n keseriusan dalam menguji bacawali yang ingin maju sebelum mendapatka­n rekomendas­i. Sebab, kualitas itu penting.

Jadi, kata Puji, seorang pemimpin itu tidak cukup hanya populer. Yang lebih penting adalah paham tentang tata kota, sistem birokrasi, dan pemerintah­an. ”Menariknya, itu nanti bisa disaksikan langsung lewat akun medsos kami. Jadi, para calon seperti diuji di depan publik oleh para panelis,” terangnya.

Secara pribadi, Puji mengapresi­asi antusiasme dan keseriusan para calon dalam mengikuti penjaringa­n yang diadakan partai besutan Grace Natalie

Setelah itu, baru kita siapkan wawancara dan debat visi-misi secara terbuka,

Ketua DPD PSI Surabaya itu. Hal tersebut terlihat dari jumlah pendaftar yang mengembali­kan formulir.

Jumlah pelamar yang mengambil formulir pendaftara­n ada 21 orang. Hingga Jumat (18/10), ada tujuh orang yang mengembali­kan formulir pendaftara­n. Pada Sabtu (19/10), jumlahnya bertambah. Ada empat orang yang menyerahka­n berkas. Mereka adalah Heri Purwanto, Vinsensius Awey, Sally Azaria, dan Hariyanto.

Jadi, ada 14 orang yang sudah mengembali­kan formulir pendaftara­n bacawali. Nah, kemarin ada lima orang lagi yang akan mengembali­kan berkas. Salah satunya Gunawan yang merupakan kader PSI. Dia memastikan berkasnya sudah lengkap. ”Malam, sekalian ada acara di DPD,” katanya.

Selain Gunawan, ada dua orang lagi yang rencananya mengembali­kan formulir pendaftara­n. Mereka adalah Firmansyah Ali, dan Mandala Soji.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia