Jawa Pos

Bupati Beri Atensi Lebih Pengembang­an UMKM

-

GRESIK, Jawa Pos – Bupati Sambari Halim Radianto siap memberikan atensi lebih terhadap pengembang­an usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Sebab, selain potensinya relatif besar, pasar UMKM asal Gresik berpeluang mendapat respons positif dari sejumlah negara.

Respons itu juga dirasakan bupati ketika menghadiri undangan Indonesia Japan Fiesta (IJF) 2019 di Osaka, Jepang, beberapa waktu lalu. ”Ketika kami sampaikan, Japan Indonesia Business Associatio­n (JIBA) sangat tertarik dengan produk-produk UMKM Gresik,” kata Sambari.

Dia menjelaska­n, salah satu produk yang mendapat respons positif adalah makanan. Tentu saja, lanjut Sambari, makanan olahan yang telah melalui proses seleksi. Selain produk makanan, warga Jepang antusias untuk produk seperti pakaian dan batik. ”Tapi, untuk produk berbahan kain ini, lebih suka yang sudah jadi,” ujarnya.

Antusiasme Jepang tersebut, menurut Sambari, tentu akan menjadi potensi dan peluang besar bagi Gresik untuk menjalin komunikasi dan kerja sama dengan Jepang lebih intens. Dia mengatakan, bisa jadi karena kurangnya komunikasi tersebut, produk-produk UMKM asal Kota Pudak belum banyak dikenal di Jepang. ”Mereka baru mengetahui produk UMKM Gresik sangat baik ketika kami mengikuti IJF,” ujar doktor alumnus Unair itu.

Seperti diberitaka­n pada awal Oktober lalu, bupati bersama sejumlah pejabat dan pengusaha menghadiri undangan IJF. Di antaranya, Kepala KSOP Gresik R. Totok Mukarto, perwakilan PT Smelting Irjunawan P. Radjamin, pengusaha UMKM Arif Darmawan, serta pengusaha tambang dan reklamasi Hersan Raharja. Selain menghadiri IJF, rombongan melakukan pertemuan dengan Konsul Jenderal RI di Osaka Mirza Nurhidayat.

Sambari menegaskan, Gresik terbilang memiliki potensi lengkap. Di antaranya, didukung sarana infrastruk­tur yang baik. Termasuk transporta­si laut. ”Sangat bangga. Gresik memiliki tujuh pelabuhan dan satu pelabuhan bertaraf internasio­nal. Karena itu, saat itu ketua JIBA langsung bersama ikut berangkat menuju Indonesia, Jawa Timur, untuk menemui Bu Gubernur,” katanya.

 ?? DOKUMEN/JAWA POS ?? POTENSIAL: Produk batik asal Gresik memiliki potensi pasar bagus. Termasuk di luar negeri.
DOKUMEN/JAWA POS POTENSIAL: Produk batik asal Gresik memiliki potensi pasar bagus. Termasuk di luar negeri.
 ??  ?? MOH. NAJIKH Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Gresik
MOH. NAJIKH Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Gresik

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia