Jawa Pos

Bangga Alumnus Madrasah Jadi Ajudan Wapres

-

GRESIK, Jawa Pos – Kabar Sabilul Alif terpilih menjadi ajudan Wapres KH Ma’ruf Amin turut membuat bangga Madrasah Aliyah (MA) Kanjeng Sepuh, Sidayu, Gresik. Maklum, Sabilul yang berpangkat kombespol adalah alumnus sekolah berbasis pondok pesantren (ponpes) tersebut. ”Kami terus bersyukur dan mendoakan beliau. Sampai sekarang, beliau masih intensif komunikasi. Seingat saya, terakhir ke sini (Sidayu) mungkin tiga tahun lalu. Tahun lalu, izin tidak bisa hadir saat diundang,’’ kata Waka Kurikulum MA Kanjeng Sepuh Yusuf kepada Jawa Pos kemarin.

Dia masih ingat, Sabilul Alif lulus dari MA Kanjeng Sepuh pada 1992. Yusuf menjadi salah seorang adik kelas Sabilul. Semasa sekolah dulu, Sabilul memang dikenal sebagai siswa yang cerdas, inovatif, dan cekatan. Namun, jiwa kedesaanny­a masih tampak jelas. ’’Yang paling terasa sampai sekarang, jiwa sosialnya yang tinggi,” ujarnya.

Pernyataan senada disampaika­n Khoirul, guru MA Kanjeng Sepuh yang lain. Dia adalah kakak kelas satu tahun di atas Sabilul. ’’Tentu kami senang sekali karena lulusan MA Kanjeng Sepuh menjadi ajudan Wapres. Komunikasi dengan kami sampai sekarang tidak pernah putus,” ucapnya.

Bukan hanya saat MA, Sabilul juga menempuh pendidikan jenjang SD dan SMP di sekolah madrasah. Madrasah ibtidaiyah (MI) dan madrasah tsanawiyah (MTs) ditempuh polisi kelahiran 1975 itu di Nurul Ulum, Desa Gumeng, Kecamatan Bungah. ’’Mungkin sangat jarang alumnus full madrasah, tapi karir di kepolisian seperti beliau,’’ ungkapnya.

Melalui akun media sosialnya, Sabilul kemarin berpamitan sebagai Kapolresta Tangerang. Dia juga memohon doa untuk mengemban amanah baru sebagai ajudan Wapres.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia