Jawa Pos

Akila-Azila Siap Pulang 29 Oktober

-

SURABAYA, Jawa Pos – Kabar positif menyertai kondisi AkilaAzila, bayi kembar siam yang sukses dipisahkan tim Pusat Pelayanan Kembar Siam Terpadu (PPKST) RSUD dr Soetomo. Kondisi Azila yang beberapa waktu lalu mengalami diare dinyatakan stabil kemarin (20/10). Asupan susu dan makanan bubur pun lebih banyak daripada saat diare. Berat badannya juga lebih meningkat. Kini berat badan Azila sudah mencapai 10 kilogram.

Sementara itu, Akila yang lebih dulu sembuh dari diare memiliki berat badan 10,5 kilogram. Secara medis, keduanya telah siap dipulangka­n ke Kendari setelah berada di RSUD dr Soetomo selama 2 bulan 20 hari.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir yang kemarin menjenguk si kembar di Ruang Bobo I bersama sang istri, Sri Lestari, siap membawa pulang dua anak tersebut pada 29 Oktober mendatang. ’’Kami tinggal ngobrol dengan gubernur Jatim untuk menyampaik­an rencana kepulangan Akila-Azila,’’ jelasnya.

Tak lupa, dia mengucapka­n terima kasih kepada tim PPKST atas keberhasil­an memisahkan AkilaAzila. Terkait dengan kepulangan keduanya, pemerintah kota sudah menyiapkan dana APBD untuk merawat dan memantau kondisi Akila-Azila.

Sesuai dengan anjuran Ketua Tim PPKST dr Agus Harianto SpA (K), Akila-Azila tidak hanya dipantau hingga usia 3 tahun. Namun, mereka diawasi sampai 18 tahun. ’’Kami juga telah siap. Kami akan terus berhubunga­n dengan tim RSUD dr Soetomo untuk terus berkoordin­asi,’’ ujar Sulkarnain.

Akila-Azila masih perlu tindakan operasi untuk merekonstr­uksi luka di bagian dada. ’’Bentuk dada yang belum sempurna bisa direkonstr­uksi lagi. Nanti AkilaAzila yang bisa dibawa ke sini lagi atau kami yang ke Kendari,’’ kata Agus.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia