Jawa Pos

Ajak Lari di Pusat Kota

-

SURABAYA, Jawa Pos – Kawasan di sekitar Jalan Gubernur Suryo dipenuhi ratusan peserta Bung Tomo Fun Run kemarin (20/10). Event tersebut dihelat untuk memeriahka­n HUT Jawa Timur sekaligus HUT TNI yang tahun ini sama-sama menginjak usia 74 tahun. Di antara seribu slot yang disiapkan, total peserta yang mengikuti lari kemarin mencapai 750 orang.

Peserta yang terlibat tidak hanya berasal dari Surabaya, tapi juga dari Lumajang, Situbondo, Gresik, dan Sidoarjo. Termasuk sekitar 30 orang anggota komunitas lari dari berbagai kota. Sebut saja komunitas lari Pajero Malang, Mandala Surya Probolingg­o, dan Tiger Blitar. Juga, beberapa runner yang khusus datang dari Jakarta, NTT, hingga Kepulauan Riau.

Rute lari sepanjang 5 kilometer (5K) meliputi Jalan Gubernur Suryo-Panglima Sudirman-Urip Sumoharjo-Basuki Rahmatkemb­ali ke Gubernur Suryo. Meski jarak tempuhnya tidak panjang, Bung Tomo Fun Run tetap saja memberikan pengalaman yang berbeda bagi mereka yang bergabung untuk lari. ”Rutenya singkat, jadi nggak ngoyoh. Rasanya kayak lagi lari santai di pusat kota,” ujar Melisa Wulan, peserta dari Gresik.

Muhammad Ali Imron, ketua pelaksana kegiatan, menuturkan, meski total pesertanya tidak sampai memenuhi slot, pihaknya sudah cukup puas. Sebab, event tersebut masih kali pertama digelar. ”Penginnya bisa menjadi event tahunan. Tapi, nanti dengan penambahan kategori untuk maraton dan peningkata­n jumlah peserta,” ujarnya.

Pada penyelengg­araan perdana kemarin, panitia membuka tiga kategori. Kategori tersebut meliputi kids dash usia SD 2,5 kilometer, pelajar usia SMP-SMA, serta kategori umum atau open yang menempuh jarak lari 5K. ”Orientasi utamanya untuk mengajak masyarakat mencintai olahraga. Terutama lari yang termasuk olahraga paling mudah, murah, dan semua orang bisa,” ujarnya.

 ??  ??
 ??  ??
 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? RUTE SINGKAT: Para peserta kategori kids dash dilepas dari garis start di Jalan Gubernur Suryo kemarin.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS RUTE SINGKAT: Para peserta kategori kids dash dilepas dari garis start di Jalan Gubernur Suryo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia