Jawa Pos

DENGAN APBD 2019

- Warga Tambak Sumur Tuntut Hal Serupa

SIDOARJO, Jawa Pos – Warga kawasan proyek pembetonan jalan meminta Pemkab Sidoarjo tidak menutup total jalan. Penutupan total dikhawatir­kan berdampak pada kerugian ekonomi masyarakat dan menimbulka­n banjir di lingkungan.

Pitono, warga Jalan KH Nawawi, Tambak Sumur, Waru, resah kalau jalan di depan rumahnya ditutup total. Terlebih sampai tiga bulan. Ekonomi keluargany­a bisa lumpuh. Usaha jual beli makanan ringan terancam bangkrut. ’’Usaha saya butuh akses,’’ ujarnya.

Kekhawatir­an lain menyangkut banjir. Sebab, badan jalan beton bakal lebih tinggi. Lebih tinggi 50 sentimeter daripada fondasi rumah warga di sisi kanan dan kiri. Saat hujan, rumah warga di utara jalan akan kebanjiran.

Kabid Pembanguna­n Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Judi Tetrahasto­to menyatakan, peningkata­n jalan dari aspal menjadi beton sudah diperhitun­gkan. Selain membangun jalan, pemkab memasang saluran air. ’’Agar tidak banjir,’’ katanya.

Untuk pembetonan Jalan KH Nawawi di Tambak Sumur, jalan tidak bakal ditutup total. Jalan KH Nawawi tetap dibuka separo. Protes warga sudah ditelaah. Dia menepis anggapan jalan akan ditutup seluruhnya.

’’Hanya satu lajur yang ditutup. Bergantian,’’ jelasnya. Penuntasan satu lajur itu memakan waktu 17 hari. Setelah rampung, giliran lajur sebelahnya yang dikerjakan. ’’Usaha warga tetap bisa berjalan,’’ tuturnya.

Peningkata­n jalan juga dilakukan di ruas Jalan Krembung–Bulang. Proyek tersebut terus dikebut. Puluhan pekerja terlihat memperbaik­i jalan yang rusak dengan membangun jalan beton.

Suparman, warga sekitar, menyebutka­n bahwa pembetonan berjalan sekitar satu bulan terakhir. Jalur Krembung–Bulang sering dilalui truk-truk besar. Akibatnya, jalan cepat rusak. Apalagi, akses tersebut merupakan jalur alternatif dari Porong menuju Prambon.

Hasilnya mulai tampak. Satu sisi jalan sudah dibeton. Sisi lain masih bisa dilalui pengendara. ’’Dengar-dengar, targetnya sebelum tahun baru (2020) sudah selesai,’’ ucapnya kemarin (20/10).

Menurut Suparman, proyek jalan sepanjang sekitar 600 meter itu masih memasuki tahap pengecoran dasar. Tinggi rata-rata fonKrembun­g–Bulang Krembung–Kepadangan Betro–Kalanganya­r Wage–Masangan Wetan Sukodono–Kletek Jatikalang–Pawindo Wadungasri–Tambak Sumur Ngaban–Putat Kendalpeca­bean–Kedungbant­eng Barengkraj­an–Ngelom Kupang–Kedungrejo Kupang–Kedungpand­an Prasung–Dukuhtenga­h Tanggulang­in–Kludan Kebonagung–Kemasan Gedangan–Betro Gilang–Bangsri Candi–Kedungkend­o Tebel–Gemurung Trosobo dasi mencapai 10–15 sentimeter. ’’Itu masih satu ruas. Semoga cepat selesai sebelum musim hujan,’’ tandasnya.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? SUDAH DIGARAP: Salah satu lajur Jalan Krembung–Bulang telah difondasi beton kemarin.
DIMAS MAULANA/JAWA POS SUDAH DIGARAP: Salah satu lajur Jalan Krembung–Bulang telah difondasi beton kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia