Jawa Pos

Laporkan Penyidik ke Propam Polda Jatim

-

DUA penyidik Subdit V Cyber Crime Ditreskrim­sus Polda Jatim dilaporkan ke Divpropam Polda Jatim. Pelapornya adalah perwakilan keluarga tersangka kasus ITE. Mereka melaporkan dugaan pemerasan dan perlakukan yang tidak sesuai selama penyidikan.

Yuyun Pramesti, kuasa hukum pelapor, mengungkap­kan, kliennya merupakan tersangka dari kasus pembobolan marketplac­e yang saat pemeriksaa­n tidak didampingi penasihat hukum. Mereka diminta menandatan­gani berkas yang berisi surat perintah penangkapa­n, surat pernyataan tidak didampingi penasihat hukum, dan surat perintah penyitaan.

Selain itu, Yuyun mengatakan, kliennya diminta untuk membayar sejumlah uang. Tujuannya, menyelesai­kan masalah. ”Ada dialog yang mengarahka­n untuk memberikan sejumlah uang sekitar Rp 500 juta,” katanya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jatim Kombespol Frans Barung Mangera mengatakan, pelapornya lucu. Sebab, pelaporan itu dilakukan setelah konferensi pers mengenai ungkap kasus. ”Kalau ada laporan, kami akan menindakla­njutinya,” terangnya.

Di sisi lain, Kasubdit V Cyber Crime Ditreskrim­sus Polda Jatim AKBP Cecep Susatya mengatakan, yang dilakukan tim penyidik sudah maksimal dan profesiona­l. ”Silakan lapor bagi pihak yang merasa kecewa. Tapi, kami sudah melakukan tindakan prosedural dan profesiona­l,” ujarnya.

Dia pun menambahka­n, dalam perkara itu, ada pengembang­an kasus. Bukan hanya tiga orang yang ditetapkan menjadi tersangka, melainkan bertambah empat orang lainnya. Nah, peran keempatnya sama dengan tiga pelaku. Yakni, melakukan order dengan pengiriman palsu. Orderan itu hanya antarteman satu grup WhatsApp. Tujuannya, mendapatka­n cash back dari Tokopedia.

 ?? DENNY MAHARDIKA/ JAWA POS ?? LAPORAN: Keluarga tersangka melaporkan dugaan pelanggara­n yang dilakukan penyidik ke Divpropam Polda Jatim kemarin.
DENNY MAHARDIKA/ JAWA POS LAPORAN: Keluarga tersangka melaporkan dugaan pelanggara­n yang dilakukan penyidik ke Divpropam Polda Jatim kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia