Jawa Pos

MISI PECAH TELUR PARA PENYERANG

-

MADRID, Jawa Pos – Ada dua hal yang paling ditunggu begitu Real Madrid kembali ke Estadio Santiago Bernabeu di Liga Champions. Selain victory di Eropa yang tak kunjung datang setahun terakhir, sudah lama pemain depan Los Merengues tak menciptaka­n gol di kandang sendiri.

Sejak kekalahan 0-3 oleh CSKA Moskva dalam matchday terakhir fase grup musim lalu, tak pernah lagi ada kombinasi kemenangan dan gol dari para striker Real. Di balik tiga gol Real dari tiga laga fase grup musim ini, dua di antaranya tercipta oleh gelandang. Yakni, Marco Asensio dan Casemiro. Satu gol berasal dari bek tengah sekaligus kapten tim Sergio Ramos.

Karim Benzema sebagai satusatuny­a striker yang tersisa dari gol Real di fase grup musim lalu menyadari beban komparteme­n lini serang timnya. ’’Beban yang sama beratnya dengan membawa kembali euforia (kemenangan) Liga Champions ke sini (Madrid),’’ sebut striker 31 tahun itu seperti dilansir laman Mundo Deportivo. Dalam laga kandang sebelumnya alias matchday kedua melawan Club Brugge (2/10), Real hanya bermain seri 2-2.

Menjamu Galatasara­y dini hari nanti (siaran langsung SCTV/Usee Sports 2 pukul 03.00 WIB) menghadirk­an tantangan bagi Benzema untuk pecah telur. Coco, sapaan karib Benzema, baru musim ini atau sejak 2016–2017 belum mampu mencetak satu gol pun dalam tiga laga pertamanya di Liga Champions. ’’Kami hanya perlu lebih sabar dan kreatif,’’ ujar striker yang ikut mencetak gol saat Real mengalahka­n Cimbom –julukan Galatasara­y– tiga gol tanpa balas di Bernabeu dalam first leg perempat final 2012–2013 itu.

Tapi, masalah musim ini tak hanya dialami Benzema. Produktivi­tas dua tandemnya juga macet. Baik Eden Hazard sebagai galacticos utama Real musim panas lalu maupun Rodrygo yang mungkin dipasang dini hari nanti.

Di antara ketiganya, Hazard paling berkontrib­usi dengan satu assist.

Yakni, untuk gol Toni Kroos ke gawang Galatasara­y pada matchday ketiga (23/10). Hanya, catatan itu masih sangat jauh dari Cristiano Ronaldo yang sebelum hengkang ke Juventus alias dua musimlalub­erkontribu­si 4 di antara 7 gol Real di Bernabeu selama fase grup.

Entrenador Real Zinedine Zidane yang sebelumnya ’’membela’’ Hazard pun mulai tidak sabar menantikan produktivi­tas kapten timnas Belgia itu. Apalagi, mantan bintang Chelsea tersebut sudah melakoni sembilan laga. ’’Dia (Hazard) semakin bagus. Dia akan jauh lebih bagus jika mampu mencetak banyak gol,’’ kata Zidane kepada Marca.

Di La Liga, Hazard baru mencetak sebiji gol. Upaya Hazard

KLASEMEN SEMENTARA GRUP A

1. Paris Saint-Germain 3 3

2. Real Madrid 3 1

3. Club Brugge 3 0

4. Galatasara­y 3 0 0 1 2 1

Paris Saint-Germain lolos 16 besar jika - Mengalahka­n Club Brugge

- Bermain seri melawan Club Brugge 0 1 1 2 9-0 3-5 2-7 0-2 9 4 2 1 menambah gol saat melawan Galatasara­y pun terhadang handicap. Ketika masih berbaju Chelsea, The Snake sulit mengoyak jala gawang Cimbom. Meski, The Blues dibawanya tidak terkalahka­n (sekali menang dan sekali seri).

’’Besok (dini hari nanti, Red) adalah harapan sekaligus tanggung jawab besar. Kami seolah melawan (tuntutan) fans kami dan kami tahu ini akan berbeda daripada laga di Istanbul,’’ ucap Hazard. ’’Tapi, kami akan berusaha memberikan kemampuan terbaik kami,’’ lanjut pemain 28 tahun tersebut.

Problem mencetak gol sejatinya juga menjadi masalah serius bagi Galatasara­y. Bahkan, belum ada satu pun gol yang dihasilkan skuad asuhan Fatih Terim. Dilansir laman Ahaber, Terim berharap ada mukjizat untuk mengakhiri dahaga gol Cimbom. ’’Kami tidak hanya ingin mencegah Real membobol gawang kami, tapi juga ingin menciptaka­n sesuatu di sini (Bernabeu, Red),’’ tutur Terim. 2 4 5 12 10 14 8 27 9 433 7 352 clean sheet jornada assist.

KIPER BELAKANG TENGAH

clean sheet. matchday show of force-nya.

 ?? TOLGA BOZOGLU/EPA-EFE TOLGA BOZOGLU/EPA-EFE ?? SCORELESS: Eden Hazard dan Karim Benzema (foto kanan) belum berkontrib­usi gol dalam tiga laga awal Real Madrid di Liga Champions musim ini.
Sejak kemenangan di kandang Galatasara­y (23/10), Courtois belum kebobolan dalam tiga laga (353 menit). Belum pernah dia mencatat sampai empat laga beruntun.
Setelah Toni Kroos menandai laga ke-100 di Eropa dengan gol kemenangan ke gawang Galatasara­y, kesempatan serupa dimiliki Marcelo. Tapi, musim ini dia belum memberikan kontribusi gol maupun
Mencetak gol kandang Eropa terakhir Real di Estadio Santiago Bernabeu saat melawan Club Brugge (2/10). Gol pada menit ke-85 itu menghindar­kan Los Merengues dari kekalahan.
Punya kesempatan menjalani debut Liga Champions di Bernabeu. Musim ini dia mampu menandai debut dengan gol. Yakni, melawan Osasuna dalam keenam La Liga (26/9).
Di Stadion Turk Telekom, dia melakukan 11 kali penyelamat­an dan Galatasara­y tetap kalah. Di Bernabeu? Kiper nomor satu timnas Uruguay itu tak pernah
Paling minim kontribusi di antara bek-bek Cimbom dalam pertemuan ketiga. Uniknya, Donk adalah mantan pemain Real Betis. Klub yang menahan seri tanpa gol Real di Bernabeu akhir pekan lalu (3/11).
Bermain bagus dalam pertemuan sebelumnya di Istanbul. Bertahan dan menyerangn­ya sama-sama oke. Main ciamik di Bernabeu untuk kali pertama bakal menjadi
Pemain Galatasara­y yang pernah menjebol gawang Real di Spanyol selain Radamel Falcao. Tapi, bersama Deportivo La Coruna pula, dia pernah menelan kekalahan 1-7 di Bernabeu dalam ajang La Liga (22/1/2018).
TOLGA BOZOGLU/EPA-EFE TOLGA BOZOGLU/EPA-EFE SCORELESS: Eden Hazard dan Karim Benzema (foto kanan) belum berkontrib­usi gol dalam tiga laga awal Real Madrid di Liga Champions musim ini. Sejak kemenangan di kandang Galatasara­y (23/10), Courtois belum kebobolan dalam tiga laga (353 menit). Belum pernah dia mencatat sampai empat laga beruntun. Setelah Toni Kroos menandai laga ke-100 di Eropa dengan gol kemenangan ke gawang Galatasara­y, kesempatan serupa dimiliki Marcelo. Tapi, musim ini dia belum memberikan kontribusi gol maupun Mencetak gol kandang Eropa terakhir Real di Estadio Santiago Bernabeu saat melawan Club Brugge (2/10). Gol pada menit ke-85 itu menghindar­kan Los Merengues dari kekalahan. Punya kesempatan menjalani debut Liga Champions di Bernabeu. Musim ini dia mampu menandai debut dengan gol. Yakni, melawan Osasuna dalam keenam La Liga (26/9). Di Stadion Turk Telekom, dia melakukan 11 kali penyelamat­an dan Galatasara­y tetap kalah. Di Bernabeu? Kiper nomor satu timnas Uruguay itu tak pernah Paling minim kontribusi di antara bek-bek Cimbom dalam pertemuan ketiga. Uniknya, Donk adalah mantan pemain Real Betis. Klub yang menahan seri tanpa gol Real di Bernabeu akhir pekan lalu (3/11). Bermain bagus dalam pertemuan sebelumnya di Istanbul. Bertahan dan menyerangn­ya sama-sama oke. Main ciamik di Bernabeu untuk kali pertama bakal menjadi Pemain Galatasara­y yang pernah menjebol gawang Real di Spanyol selain Radamel Falcao. Tapi, bersama Deportivo La Coruna pula, dia pernah menelan kekalahan 1-7 di Bernabeu dalam ajang La Liga (22/1/2018).
 ??  ??
 ??  ??
 ?? Wasit Stadion ??
Wasit Stadion
 ??  ?? 11 22 10 427
11 22 10 427
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia