Jawa Pos

Atletico Butuh Kepala Alvarito

-

ENTRENADOR Atletico Madrid Diego Simeone sebenarnya punya dua striker utama pada diri Diego Costa dan Joao Felix. Namun, El Cholo –julukan Simeone– saat ini sangat berharap kepada Alvaro Morata untuk meloloskan Atletico ke fase knockout.

Sebab, eks striker Real Madrid, Juventus, dan Chelsea itu adalah penyelamat Atleti dalam empat pertanding­an terakhir. Tidak tanggung-tanggung, Alvarito –julukan Morata– selalu mencetak gol pada empat laga tersebut hanya dalam rentang waktu 10 hari.

Hebatnya, Los Colchonero­s tidak terkalahka­n pada empat pertanding­an itu ketika Morata mencetak gol. Empat laga tersebut adalah menang 1-0 atas Bayer Leverkusen pada matchday ke-3 Liga Champions (23/10), menang 1-0 melawan Athletic Bilbao pada

jornada ke-10 La Liga (27/10), imbang 1-1 kontra Alaves pada

jornada ke-11 (30/10), dan seri 1-1 melawan Sevilla pada jornada ke-12 (2/11).

Dua di antara empat laga tersebut dilalui Morata dengan status pengganti. Bahkan, ada satu gol lagi dari Morata yang menjadi penyelamat Atleti. Yakni, ketika menang 1-0 pada jornada pertama melawan Getafe (19/8).

’’Saya tidak peduli (dengan gol-gol yang sudah dicetak untuk Atleti, Red). Sebab, yang utama adalah kemenangan kami,’’ ucap striker 27 tahun tersebut seperti dilansir Marca.

Tetapi, bukan sekadar peran gol Morata yang krusial bagi Atleti. Melainkan juga cara jebolan akademi Real itu saat mencetak gol. Sejak bergabung dengan Atleti pada paro musim lalu, dia mencetak 11 gol. Lima di antaranya tercipta melalui sundulan alias 45,5 persen. Musim ini sudah tiga gol dari sundulan yang dicetak

Morata. Yakni, saat melawan Leverkusen, Getafe, dan Sevilla.

Persentase itu mengunggul­i beberapa striker Atleti sebelumnya. Misalnya, Mario Mandzukic dengan 40 persen. Itu berasal dari delapan tandukan dari total 20 gol untuk Atleti pada musim 2014–2015. Hal serupa berlaku pada Radamel Falcao. Persentase striker yang saat ini berkostum Galatasara­y tersebut hanya 20 persen dari total 70 gol bersama Atleti (2011– 2013).

 ?? CRISTINA QUICLER/AFP PHOTO ?? FAKTOR USIA: Cristiano Ronaldo dan istrinya, Georgina Rodriguez, saat menghadiri MTV Europe Music Awards di Sevilla (3/11).
CRISTINA QUICLER/AFP PHOTO FAKTOR USIA: Cristiano Ronaldo dan istrinya, Georgina Rodriguez, saat menghadiri MTV Europe Music Awards di Sevilla (3/11).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia