Jawa Pos

Ditantang Raih Enam Emas

-

CABOR akuatik memasang target tinggi dalam SEA Games 2019. Mereka menargetka­n empat emas dalam multievent dua tahunan tersebut. Target tersebut sama dengan perolehan di SEA Games 2017. Saat itu mereka memperoleh 4 emas, 11 perak, dan 10 perunggu. Namun, Menpora Zainudin Amali kurang puas dengan target tersebut. Dia menantang tim akuatik memborong enam emas! ’’Fasilitas untuk renang dan olahraga air kita cukup mewah. Standar internasio­nal. Karena itu, pemerintah punya harapan besar terhadap akuatik kita untuk SEA Games ini,’’ kata Zainudin di sela-sela kunjungann­ya ke pelatnas renang di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, kemarin. ’’Saya nggak tahu seperti apa nanti CdM tambahkan dua itu,’’ imbuhnya.

Melihat persiapan pelatnas tahun ini, Wakil Ketua Umum PRSI Harlin Rahardjo mengatakan, target empat emas sebenarnya sudah ideal. Terutama jika melihat kondisi pelatnas yang baru berjalan dua bulan menjelang SEA Games. Sebelumnya, pihaknya berharap agar pelatnas bisa langsung dimulai begitu Asian Games 2018 usai. Hanya, hal tersebut tidak terjadi.

’’Kami realistis bisa mempertaha­nkan empat emas itu,’’ kata Harlin. ’’Menghitung­nya memang dari renang semua. Tapi, kami juga mengharapk­an kejutan. Misalnya, dari polo air. Semua punya target yang sama untuk memberikan yang terbaik,’’ tambah dia.

Sementara itu, pelatih Albert Sutanto melihat persaingan masih terbuka. Target empat emas memang masih dibebankan kepada para atlet senior. Tetapi, atlet muda juga bisa membuat kejutan. ’’Kalau melihat catatan waktu lawan, kami masih bisa posisi di atas. Cuma, mereka belum ada di season best masing-masing,’’ kata Albert.

Dua tahun lalu emas Indonesia dipersemba­hkan oleh I Gede Siman Sudartawa (50 meter gaya punggung), Indra Gunawan (50 meter gaya dada), Nathaniel Gagarin (100 meter gaya dada), dan Triady Fauzi Sidiq (200 meter gaya ganti).

PUTRA

1. Fatchur Roji (Jatim)

2. Temi Teli Lasa (Bali)

3. Khoirul Anam (Jatim)

4. Bim Sigrid (Jabar)

5. Sabri (Kaltara)

6. Rahmad Adi Mulyono (Jatim)

7. Kiromal Katibin (Jateng)

8. Veddriq Leonardo (Kalbar)

9. Zaenal Aripin (DKI)

10. Cipto Saputro (Jateng)

 ?? PP FPTI FOR JAWA POS ?? ANDALAN: Nurul Iqamah saat berlatih di pelatnas panjat tebing. Tanpa Aries Susanti Rahayu, dia diharapkan meraih emas di Kejuaraan Asia 2019 mulai hari ini.
PP FPTI FOR JAWA POS ANDALAN: Nurul Iqamah saat berlatih di pelatnas panjat tebing. Tanpa Aries Susanti Rahayu, dia diharapkan meraih emas di Kejuaraan Asia 2019 mulai hari ini.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia