Jawa Pos

Harapkan Evaluasi APILL Kawasan Balongsari

-

SURABAYA, Jawa Pos – Alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL) di kawasan Jalan Raya Balongsari menjadi perhatian. Kemarin lampu APILL terasa seperti warning light. Pengendara meminta agar kondisi itu dievaluasi.

Lampu lalu lintas tersebut sejatinya sangat berguna untuk mengatur arus kendaraan. Sebab, jalur persimpang­an itu menghubung­kan arus dari sisi selatan dan utara. Yakni, dari sekitar Balongsari Tama dan Raya Balongsari.

Salah seorang pengendara mengatakan, kondisi APILL yang menyala kuning itu sudah cukup lama. Namun, hingga saat ini masih belum aktif secara normal. ”Sepengetah­uan saya sudah lama. Biasanya, digunakan pengendara untuk menyeberan­g ke sisi selatan,” kata lelaki yang hanya ingin disebut Ari itu. Dia mengatakan, banyak pengendara dari arah Balongsari Tama yang memotong badan jalan menuju Jalan Raya Balongsari. Karena itu, pengendara yang melaju dari arah Jalan Tandes Lor harus berhati-hati.

Penyeberan­g jalan dari sisi utara itu tidak hanya didominasi sepeda motor. Terkadang, kendaraan roda empat atau pikap juga menyeberan­g menuju Jalan Raya Balongsari sisi selatan. Apalagi, kecepatan pengendara dari arah Jalan Raya Tandes Lor biasanya cukup kencang. Hal semacam itulah yang perlu diwaspadai. Meski begitu, kondisi arus lalu lintas memang tidak terlalu padat. ”Harus mengalah kalau lewat di situ meski masih cukup tertib,” katanya.

Bahkan, tidak sampai terjadi kemacetan. Hanya, pengendara harus jeli dan fokus untuk melihat pengemudi lain di depannya. Di atas APILL tersebut, juga dipasang rambu peringatan batas kecepatan. Karena itu, pengguna kendaraan bermotor bisa lebih memperhati­kan laju kecepatann­ya.

Kasi Penyediaan Prasarana Lalu Lintas Dishub Surabaya Prasetyo Prambayant­o mengatakan, pihaknya masih mencari detail penyebabny­a. Termasuk melihat histori pemasangan APILL itu. Pihaknya meyakini ada alasan mendasar belum diaktifkan­nya peralatan pengatur lalu lintas itu secara normal.

”Kami masih telusuri. Sebab, itu sudah cukup lama,” ujarnya. Dia menyebutka­n, sejumlah petugas yang ikut mendesain APILL tersebut sudah pindah tugas.

 ?? ALEX QOMARULLAH/JAWA POS ?? BELUM NORMAL: Lampu APILL di Jalan Raya Balongsari selalu menyala kuning. Kondisi ini sudah berlangsun­g beberapa waktu.
ALEX QOMARULLAH/JAWA POS BELUM NORMAL: Lampu APILL di Jalan Raya Balongsari selalu menyala kuning. Kondisi ini sudah berlangsun­g beberapa waktu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia