Jawa Pos

UC Asuh Tiga Perguruan Tinggi Kawasan 3T

Untuk Benahi Sistem Pengendali Mutu Internal

- Gunakan Jalan Sisi Utara Rel untuk Akses

SURABAYA, Jawa Pos – Pendidikan tinggi yang berkualita­s terus digenjot melalui berbagai program. Salah satunya adalah program hibah asuh perguruan tinggi. Universita­s Ciputra menjadi salah satu perguruan tinggi (PT) yang mendapat kesempatan membimbing beberapa universita­s lain. Pada tahun ini, UC mengasuh tiga PT di daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar).

Tiga perguruan tinggi tersebut meliputi STKIP Melawi di Kalimantan Barat, Institut Teknologi Minaesa Tomohon, dan Universita­s Sariputra Indonesia Tomohon. ”Sebagai langkah awal, kami datang ke sana untuk memetakan masalah,” tutur Lenny Rosita, salah seorang penanggung jawab program dari UC. Sebab, program penyelesai­an bagi masingmasi­ng universita­s pasti berbeda. Itu bergantung pada masalah yang dimiliki PT.

Setelah melakukan pemetaan masalah, perwakilan dari setiap PT yang diasuh diminta hadir dalam lokakarya di PT pengasuh. Lokakarya pertama adalah lokakarya SPMI (sistem pengendali mutu internal) yang meliputi cara menyusun organisasi hingga pembentuka­n sistem. ”Jadi, sangat mungkin dalam lokakarya, kami mengajarka­n itu dari nol,” ujar Lenny.

Proses selanjutny­a adalah magang. Perwakilan dari masingmasi­ng PT akan melihat langsung kinerja PT pengasuh. ”Tiap divisi ada perwakilan­nya,” katanya. Setelah sesi magang selesai, perwakilan PT bisa menyalurka­n ilmu kepada tim dan menerapkan­nya di PT asuh. Hasil yang diharapkan adalah perbaikan akreditasi program studi di PT-PT asuh tersebut. ”Saat ini mereka memang sedang menyusun dokumen akreditasi,” sambung Lenny.

SURABAYA, Jawa Pos – Pembanguna­n flat (rusun) Pondok Benowo Indah (PBI) terus dikerjakan secara bertahap. Kemarin pengerjaan gedung tersebut meliputi bagian arsitektur. Selain itu, pemkot tetap menggunaka­n bidang jalan sisi utara rel sebagai akses keluar-masuk ke rusun.

Saat ini setiap lantai gedung dikerjakan secara intens. Untuk lantai 1 dan 2, ruangan sudah dicat. Sedangkan untuk bangunan lantai 4 dan 5, masih area dinding luar yang digarap.

Edwin Kurniawan dari PT Diatasa Jaya Mandiri, pelaksana proyek flat, mengatakan bahwa sejumlah material untuk mandi-cuci-kakus (MCK) dan tangki air sudah tiba di lokasi. Paling tidak, dalam minggu ini pemasangan material bisa dilaksanak­an. Dengan begitu, flat bisa cepat terselesai­kan.

”Kami juga sudah siapkan septic tank dengan kapasitas sekitar 30 meter kubik. Saluran yang dipasang nantinya berada di area kompleks gedung,” terang dia. Dia juga menjelaska­n perihal akses menuju flat. Rencananya, akses itu menggunaka­n badan jalan di sisi utara rel.

Dia mengatakan, selama ini alat berat juga menggunaka­n akses tersebut untuk masuk ke area flat. Ada pula jalur alternatif dengan melewati permukiman warga sisi utara. Meski begitu, pihaknya belum mencoba untuk masuk lewat rute tersebut.

Kabid Perumahan Rakyat dan Permukiman Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Taufik Siswanto mengatakan, akses utama yang digunakan adalah samping rel. Sebab, lebar jalan itu dirasa cukup memungkink­an untuk dilewati kendaraan roda 4 dan 2.

”Ya, mungkin di situ untuk keluar masuk menuju flat,” katanya. Dia menambahka­n, soal rencana pelebaran jalan, pihaknya belum melakukan pembahasan. Sebab, di samping badan jalan, sejumlah bangunan masih berdiri. Diperlukan pengecekan di bagian aset terlebih dahulu nanti.

Selain itu, pemkot merencanak­an pembanguna­n gedung serbaguna. Lokasinya berdekatan dengan flat PBI. Sebab, ruangan serbaguna yang disediakan di lantai 1 flat tersebut dinilai tidak cukup luas.

Namun, lanjut Taufik, saat ini pihaknya masih fokus untuk melanjutka­n pembanguna­n rusun blok 1. Sedangkan gedung serbaguna dimungkink­an baru bisa dibangun tahun depan. Dengan begitu, masyarakat sekitar bisa lebih leluasa menggunaka­n gedung tersebut.

 ?? RETNO DYAH/JAWA POS ?? PENDAMPING­AN: Salah satu lokakarya program hibah asuh perguruan tinggi Universita­s Ciputra.
RETNO DYAH/JAWA POS PENDAMPING­AN: Salah satu lokakarya program hibah asuh perguruan tinggi Universita­s Ciputra.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia