Jawa Pos

Bawang Dayak pun Tumbuh di Pekauman

-

GRESIK, Jawa Pos – Program Gresik Bisa (Bersih, Indah, Sejuk, dan Asri) 2019 menuntut para peserta unjuk inovasi di bidang penataan lingkungan. Meski dengan beragam keterbatas­an, kampung dan sekolah peserta tampak semangat. Mereka saling unjuk kelebihan di hadapan tim penilai kompetisi yang diadakan pemkab bersama Jawa Pos itu.

Kemarin (5/11) penilaian berlangsun­g di wilayah Kecamatan Gresik. Saat juri turun ke lokasi, semangat kampungkam­pung peserta di wilayah perkotaan itu terbilang luar biasa. Warga RT 4, RW 1, Kelurahan Pekauman, misalnya. Kawasan permukiman tersebut sangat padat penduduk. Lahan kosong nyaris tidak ada. Tapi, warga tetap berkomitme­n untuk menata lingkungan.

Di Pekauman, warga memiliki program penghijaua­n dengan konsep hidroponik. Selain itu, ada green house. Di dalam green house itu terdapat budi daya bawang dayak, tanaman yang biasanya tumbuh di dataran tinggi. ”Ternyata, tanaman ini bisa tumbuh di sini karena ketekunan warga dalam memelihara­nya,” kata Ketua RT Agus Sholeh. Warga RT 1, RW 2, Kelurahan Bedilan, juga unjuk kreativita­s. Kawasan permukiman itu didominasi bangunan dengan arsitektur tempo dulu. Di jalan kampung hampir tidak ada tanah pekarangan yang tersisa. Namun, warga juga kreatif menerapkan konsep vertical garden yang dilengkapi dengan anjang-anjang (rangka tempat untuk tanaman menjalar). Konsep penataan lingkungan yang dibuat warga itu sudah dikenal luas.

”Sudah banyak wisatawan mancanegar­a yang datang ke sini. Mulai dari Malaysia, Singapura, hingga Australia. Mereka mengaku kagum dengan yang kami sajikan,” kata Ketua RT Askan Andi Wahyudi.

Ikhtiar serupa terlihat warga di RT 2, RW 1, Kelurahan Trate. Mereka mengusung program unggulan. Yakni, pemanfaata­n ecobrick menjadi barang kerajinan rumah tangga. Hasilnya sudah dipasarkan secara online.

 ?? PEMASARAN JAWA POS ?? MENGHASILK­AN: Warga RT 2, RW 1, Kelurahan Trate, telah menerapkan pemanfaata­n ecobrick menjadi barang kerajinan rumah tangga bernilai ekonomi.
PEMASARAN JAWA POS MENGHASILK­AN: Warga RT 2, RW 1, Kelurahan Trate, telah menerapkan pemanfaata­n ecobrick menjadi barang kerajinan rumah tangga bernilai ekonomi.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia