Jawa Pos

Latih Tanggung Jawab Merawat Hewan dan Tumbuhan

- Musala Thariqul Jannah Diperkirak­an Berdiri Sejak 1810

SURABAYA, Jawa Pos – Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) diperingat­i setiap 5 November. Momen itu menjadi pengingat pentingnya menjaga kelestaria­n flora dan fauna. Untuk menyemarak­kan HCPSN, siswasiswi SD Al Irsyad bersama-sama membersihk­an sangkar hewanhewan di Kebun Binatang Mini sekolah tersebut kemarin (5/11).

Mereka berbagi tugas. Siswa laki-laki membersihk­an kandang ayam, burung, iguana, kelinci, dan angsa. Siswa perempuan membersihk­an kolam ikan.

Dengan cekatan, mereka masuk kandang, lalu membersihk­an kotoran dan sisa makan hewan. Misalnya, yang dilakukan Ahmad Mujtaba, siswa kelas VI. Dia tak terlihat jijik. ’’Kalau di rumah, saya juga sering membersihk­an kandang kucing,’’ ucapnya.

Wakil Kepala Kesiswaan SD Al Irsyad Nurul Endah Agustini menuturkan, dalam diri seluruh siswa ditanamkan kepedulian terhadap satwa sejak masih duduk di bangku kelas I. ’’Agar mereka bisa menyayangi hewan sejak dini,’’ katanya.

Koleksi hewan di sekolah tersebut juga menjadi sarana pengenalan satwa kepada anak. ’’Siswa-siswa jadi mengetahui kebiasaan setiap hewan,’’ ujarnya. Misalnya, burung parkit yang sering menggosok-gosokkan paruh pada besi kandang untuk menjaga paruhnya tetap tajam.

Setiap hari, lanjut dia, sudah dibentuk piket harian untuk memberi makan hewan-hewan itu. ’’Kalau sehari saja mereka tidak menyambang­i binatang, rasanya ada yang kurang,’’ paparnya.

Guru-guru di SD yang berlokasi di Kecamatan Semampir tersebut juga melatih kepedulian siswa terhadap tumbuhan. Setiap hari, para siswa merawat tanaman di kebun atau tempat pembibitan screen house.

 ?? KARTIKA SARI/JAWA POS ?? SETELAH MEMBERSIHK­AN KANDANG: Murid SD Al Irsyad memberi makan burung hantu di kebun binatang mini sekolah mereka.
KARTIKA SARI/JAWA POS SETELAH MEMBERSIHK­AN KANDANG: Murid SD Al Irsyad memberi makan burung hantu di kebun binatang mini sekolah mereka.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia