Jawa Pos

Siapkan Rumah Warga untuk Peserta Menginap

-

SURABAYA, Jawa Pos – Untuk kali pertama, Festival & Konferensi Kampung Nusantara digelar di Kampung Lawas Maspati, Bubutan. Pada 20–21 November, warga Kampung Maspati menjamu ratusan peserta dari berbagai wilayah Indonesia.

Beberapa perwakilan kampung telah mengonfirm­asi keikutsert­aan. ”Antara lain, Bandung, Jogjakarta, Sidoarjo, dan Nusa Tenggara Barat (NTB),” kata Ketua RW 6 Kampung Lawas Maspati, Bubutan, Sabar Suwastono kemarin (5/11).

Mendekati hari H, persiapan demi persiapan diselesaik­an. Salah satunya, penginapan untuk peserta. Nanti semua peserta wajib tinggal di area Kampung Lawas Maspati. Tidak boleh menginap di tempat lain. Begitu pun kuliner yang disediakan. Semuanya merupakan kuliner tradisiona­l buatan masyarakat setempat.

Hal tersebut dilakukan bukan tanpa alasan. ”Selain peserta bisa merasakan suasana keasrian kampung di sini, perekonomi­an warga pun akan meningkat,” ujarnya.

Dalam konferensi tersebut, lanjut Sabar, ada sepuluh topik yang dibahas. Pertama, pemetaan potensi ekonomi, sosial-budaya, serta lingkungan kampung perkotaan dan pedesaan di Indonesia. Kedua, praktik pemanfaata­n potensi kampung. Ketiga, peran tokoh masyarakat dalam mengembang­kan kampung. ”Keempat, akses dan praktik kolaborasi para penggiat kampung dengan pemangku kepentinga­n,” tuturnya.

Kelima, model pengelolaa­n potensi kampung. Keenam, program-program yang dinilai berhasil terkait pengelolaa­n kampung. Ketujuh, tantangan pengelolaa­n kampung tengah kota maupun pedesaan. Kedelapan, mekanisme kerja sama dan kolaborasi antarkomun­itas. ”Publikasi serta komunikasi keunggulan kampung. Dan terakhir, model program kerja antarkampu­ng,” paparnya.

 ?? AHMAD KHUSAINI / JAWA POS ?? SIAP JAMU TAMU: Kampung Lawas Maspati bakal jadi tuan rumah Festival & Konferensi Kampung Nusantara pada 20–21 November.
AHMAD KHUSAINI / JAWA POS SIAP JAMU TAMU: Kampung Lawas Maspati bakal jadi tuan rumah Festival & Konferensi Kampung Nusantara pada 20–21 November.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia