Jawa Pos

Warga Tunggu Realisasi Ganti Rugi

Proyek Jalur Ganda di Surabaya

-

SURABAYA, Jawa Pos – Proyek pembanguna­n jalur ganda (double track) PT KAI di wilayah Surabaya masih memasuki tahap pengukuran. Ada beberapa wilayah yang terdampak. Salah satunya, Kelurahan Pagesangan. Warga sudah setuju bila tanah dan bangunanny­a digunakan untuk proyek tersebut. Dengan syarat, PT KAI memberikan ganti rugi yang sepadan.

Hal tersebut diungkapka­n Suparmin. Warga Jalan Pagesangan Agung 1 itu rela rumahnya digusur untuk jalur ganda. ”Ya mau bagaimana lagi. Untuk kebaikan bersama,” ujarnya kemarin (5/11). Lelaki 64 tahun itu mengatakan sudah beberapa kali diundang ke kelurahan untuk membahas proyek tersebut. Dalam rapat itu, memang belum dijelaskan nilai ganti rugi yang akan diterima.

”Karena sekarang ini baru proses ngukur,” tuturnya.

Suparmin menambahka­n, hanya 6,5 meter tanahnya yang terdampak. Hanya kamar paling belakang. Karena itu, dia tetap bertahan setelah proyek tersebut rampung. ”Masih bisa dihuni kok. Lagi pula cuma rumah ini yang saya punya,” ucapnya. Suparmin menghuni rumah tersebut sejak1996.

Sementara itu, Camat Jambangan Annita Hapsari Oktorina mengungkap­kan, terdapat 50 warga yang terdampak proyek jalur ganda. Warga sudah mengumpulk­an berkas ke badan pertanahan. ”Namun, memang belum lengkap,” ujarnya.

Saat ditanya soal ganti rugi, Annita mengatakan belum mengetahui kapan pelaksanaa­nnya. ”Belum tahu kapan pembayaran dilakukan,” jelasnya.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Suprapto tak mau banyak berkomenta­r terkait proyek jalur ganda di Surabaya. ’’Ini langsung ditangani pusat, Ditjen Perkeretaa­pian. Kalau untuk Jatim, bisa nanya ke Balai Teknik Perkeretaa­pian Wilayah Jawa Bagian Timur,’’ paparnya.

 ?? EDI SUSILO/JAWA POS ?? dinas kebudayaan dan pariwisata (disbudpar). Nanti wisata Lawang Seketeng bisa dimasukkan sebagai salah satu destinasi kampung wisata. ”Wisatawan yang ingin berkunjung akan diberi tahu spot baru. Namun, memang tidak khusus mempromosi­kan Lawang Seke
teng,” jelasnya.
Ivan mengatakan, banyak pihak yang membantu untuk menyiapkan pengembang­an wisata
Lawang Seketeng. Selain warga dan pokdarwis, ada komunitas lain yang berperan mengonsep sajian wisata. ”Ada Surabaya Creative Network dan
KELURAHAN PAGESANGAN: Di lokasi ini, PT KAI akan membangun jalur ganda.
EDI SUSILO/JAWA POS dinas kebudayaan dan pariwisata (disbudpar). Nanti wisata Lawang Seketeng bisa dimasukkan sebagai salah satu destinasi kampung wisata. ”Wisatawan yang ingin berkunjung akan diberi tahu spot baru. Namun, memang tidak khusus mempromosi­kan Lawang Seke teng,” jelasnya. Ivan mengatakan, banyak pihak yang membantu untuk menyiapkan pengembang­an wisata Lawang Seketeng. Selain warga dan pokdarwis, ada komunitas lain yang berperan mengonsep sajian wisata. ”Ada Surabaya Creative Network dan KELURAHAN PAGESANGAN: Di lokasi ini, PT KAI akan membangun jalur ganda.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia