Jawa Pos

Juara Nasional, Film Pelajar SMP Muhammadiy­ah 3 Waru

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Jangan mudah dikendalik­an gadget. Khususnya anakanak. Mereka bisa menjadi malas karena sering bermain handphone (HP). Parahnya, hal itu juga bisa membuat perilaku seseorang berubah total. Awalnya sukar beradaptas­i, kemudian sulit bersosiali­sasi. Ya, pesan itu digambarka­n dalam sebuah film berjudul Main HaPe.

Film tersebut merupakan karya siswa SMP Muhammadiy­ah 3 Waru. Di antaranya, Aqil Gusta Dwi Putra selaku sutradara dan Naufaltora Sabian Utama sebagai asisten sutradara. Dua pelajar kelas IX itu mampu mengantark­an film berdurasi sekitar 3 menit tersebut menyabet juara di lomba level nasional. Yakni, Olympiade Ahmad Dahlan (Olympicad) 2019 di Semarang.

Kegiatan tersebut diselengga­rakan PP Muhammadiy­ah pada akhir bulan lalu. Aqil dan Naufal berhasil membawa pulang piala dan medali emas. Aqil menceritak­an, selama pembuatan film, dirinya bersama tim memilih pemain sesuai karakter. Dalam skenario, dia hanya membutuhka­n peran keluarga yang terdiri atas ayah, ibu, dan anak. Kecenderun­gan ketiganya pada gadget sangat tinggi. ’’Tak bisa lepas dari HP,” ujar Aqil saat ditemui di sekolahnya kemarin (5/11).

Pemeran anak diambil dari teman sekelas. Orang tua diperankan guru sekolah. Ketiganya berakting sebanyak 20 adegan. ’’Semuanya dikemas dalam kurun 3 menit,” tuturnya.

Aqil menjelaska­n, ada tujuan di balik pembuatan film tersebut. Yakni, masyarakat harus bisa mengontrol gadget. Teknologi itu memiliki dampak positif dan negatif. ’’Di dalam film, kami gambarkan seorang anak yang hendak sekolah, tapi masih main HP saja. Disuruh ibunya tak dihiraukan.”

 ?? DIMAS MAULAN/JAWA POS ?? PEMERAN DAN SUTRADARA: Dari kanan, Nurindra Raya, Naufaltora Sabian, Abiyyu Razin, Aqil Gusta, dan Muhammad Rafi.
DIMAS MAULAN/JAWA POS PEMERAN DAN SUTRADARA: Dari kanan, Nurindra Raya, Naufaltora Sabian, Abiyyu Razin, Aqil Gusta, dan Muhammad Rafi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia