Jawa Pos

Agar Ibu Rumah Tangga Berdaya

Ermien Rajin Beri Pelatihan Ecoprint

-

SURABAYA, Jawa Pos – Setumpuk sak semen, daun aneka jenis, dan bebatuan kecil tertata rapi di halaman rumah Ermien Setyawati di Semolowaru Elok kemarin (5/11). Perajin kreasi ecoprint tersebut tengah bersiap menerima ibu-ibu rumah tangga di sekitar rumahnya untuk belajar. Tidak lama kemudian, datanglah Muhtamaroh dan Lilik Fauziyatin­ingsih. Mereka langsung mengambil tempat, lalu mulai belajar ecoprint berbahan sak semen.

Ermien mengaku rutin memberikan pelatihan. Hampir tiap pekan. Terutama untuk perempuan lanjut usia. ’’Biar enggak diam saja di rumah,’’ tutur perempuan 65 tahun itu. Mayoritas merupakan ibu rumah tangga atau pensiunan. Sebagian besar memang ibu-ibu yang tidak memiliki kegiatan.

Menurut ibu tiga anak itu, beraktivit­as adalah obat ampuh menghilang­kan stres serta membuat badan sehat. ’’Contohnya saya sendiri malah sakit kalau sepi kegiatan,’’ ucap nenek enam cucu tersebut. Ermien juga ingin menunjukka­n bahwa memiliki usaha atau aktivitas di usia senja sangat menyenangk­an.

Biasanya, dia mengajarka­n basic ecoprint. Awalnya, sak semen dengan ukuran asli direndam dalam seember air agar bersih dari sisa semen. Tidak sampai lima menit, sak semen diangkat dan diperas. ’’Jika sudah setengah kering, bisa digelar dan siap ditempeli daun,’’ paparnya.

Daun hanya diletakkan di sak semen polos. Tidak perlu perekat. Peletakann­ya bergantung pola yang diinginkan. Ada daun yang ditumpuk. Ada pula daun yang diletakkan satu per satu. Setelah itu, lembaran sak semen digulung dan dikukus dua jam. Lantas, sak semen dikeringka­n. Setelah itu, sak semen tersebut siap digunakan dan dibentuk sesuai pola yang diinginkan. Misalnya, tas, kipas tangan, dan payung.

 ?? ALFIAN RIZAL / JAWA POS ?? TAK BUTUH BANYAK BAHAN: Ermien (kiri) mengajari ibu-ibu rumah tangga di sekitar kediamanny­a untuk membuat ecoprint.
ALFIAN RIZAL / JAWA POS TAK BUTUH BANYAK BAHAN: Ermien (kiri) mengajari ibu-ibu rumah tangga di sekitar kediamanny­a untuk membuat ecoprint.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia