Jawa Pos

Patung Karya Seniman Diklaim Batu Pijakan Nabi

-

INFORMASI palsu yang dikaitkan dengan isu-isu agama masih saja laku disebar. Misalnya, batu mengambang di udara yang disebut sebagai pijakan nabi saat hendak naik ke langit. Informasi itu disertai foto dua batu besar yang terhubung secara horizontal dengan tali. Salah satunya tampak melayang di udara.

Salah seorang netizen yang membagikan ulang kabar tersebut adalah pemilik akun Facebook Nouna Deina (perma.cc/YRY28RT6) pada 5 November lalu. Tampaknya, dia terpengaru­h narasi serupa yang sebelumnya di-posting akun Bintang Libra dan dibagikan ulang lebih dari 1.900 kali.

’’Batu yg dipijak nabi utk naik ke langit. Batu ni ingin ikut nabi, tetapi dilarang leh jibril. Batu ni menangis sehingga sekarang batu ini terapung sbg bukti keagungan Allah,’’ begitu narasi yang melengkapi foto batu melayang tersebut.

Bagi muslim, kisah tentang batu pijakan nabi saat hendak mikraj bukanlah sesuatu yang asing. Batu itu diyakini berada dalam bangunan Dome of the Rock (ada juga yang menyebutny­a Masjid Kubah Batu) di kompleks Masjid Al Aqsa.

Namun, batu yang dimaksud tidak melayang di udara.

Lantas, batu apakah yang diunggah pemilik akun Nouna Deina? Saat ditelusuri dengan menggunaka­n situs padanan gambar, batu melayang yang seperti diikat tali tersebut merupakan sebuah karya seni. Foto serupa pernah diunggah situs alamy.com. Dalam bahasa Indonesia, foto itu berjudul Patung Ilusi Optik, Sha’ban Abbas, 2008, di Terminal 3, Bandara Kairo, Mesir. Foto tersebut diabadikan pada 27 Juli 2009. Anda dapat melihatnya di bit.ly/KaryaSeniP­atung.

Sosok Sha’ban Abbas pernah diulas majalah Crystal Chronicles pada Maret 2017. Dikisahkan, pria yang lahir pada 1969 itu terkenal di seluruh dunia setelah membuat patung batu melayang di Bandara Internasio­nal Kairo, Mesir. Abbas meninggal karena stroke pada 17 November 2010.

Beberapa kolega dan temannya mengungkap­kan, banyak informasi tentang Abbas dan karya seninya yang langka tersebut yang disalahart­ikan. Tidak sedikit pula yang salah mencantumk­an kredit. Anda bisa membacanya di bit.ly/ SangSenima­n.

Foto batu melayang dan diikat dengan tali yang diunggah akun Facebook Nouna Deina merupakan hasil karya seniman Mesir Sha’ban Abbas. Patung itu berada di Terminal 3 Bandara Internasio­nal Kairo.

 ??  ??
 ?? WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
WAHYU KOKKANG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia