Jawa Pos

Survei sebelum Desain, Sesuaikan Keinginan Pasar

-

Persaingan SUV di tanah air bakal makin ketat seiring meluncurny­a Mitsubishi Xpander Crossover. Mobil dengan kapasitas mesin 1.500 cc itu diSelasa pekan depan (12/11). Berikut laporan wartawan Andrianto Wahyudiono yang menjajal langsung Xpander Crossover di Negeri Sakura.

launching

Jawa Pos low

ROMBONGAN media dari Indonesia berkesempa­tan menjajal Xpander Crossover akhir bulan lalu di pabrik dan pusat pengembang­an Mitsubishi Motor Corporatio­n (MMC) di Okazaki, Aichi, Jepang. ”Kami telah melakukan survei kepada konsumen Indonesia sebelum mendesain Xpander Crossover,” kata Chief Product Specialist MMC Minoru Uehara saat mengenalka­n produk baru itu.

Sekilas, crossover tersebut lebih kukuh daripada Xpander sebelumnya. Apalagi, MMC meningkatk­an ground clearance menjadi 225 mm. Sedangkan ground clearance Xpander saat ini hanya 205 mm. Pabrikan berlambang tiga berlian itu mengklaim Xpander Crossover memiliki ground clearance paling tinggi jika dibandingk­an dengan brand lain.

Postur paling jangkung di segmen itu tidak hanya disumbang komponen suspensi. Diameter roda bertambah besar. Produk baru tersebut menggunaka­n pelek 17 inci dengan ban ukuran 205/55 R17. Warna pelek model 5 spoke tersebut juga sudah dual tone. Selain itu, eksterior terlihat berbeda dari Xpander sebelumnya dengan keberadaan roof rail dan over fender. ”Xpander Crossover tujuh penumpang. Itu sesuai dengan keinginan pasar Indonesia,” lanjut Uehara.

Uehara menjelaska­n, rancang bangun Xpander Crossover dibuat supaya andal di medan aspal dan light off-road. Saat menjajal Xpander Crossover di sirkuit kompleks pabrik MMC itu, kinerja suspensi teruji begitu kendaraan melibas permukaan jalan yang rusak dengan kecepatan tinggi, sekitar 80 km per jam. Traksi ban tetap menapak maksimal di permukaan jalan yang rusak tersebut. Terutama, bagian buritan tetap terkontrol sesuai arah kemudi.

Ayunan atau goyangan yang muncul mampu diredam dengan cukup maksimal. Efeknya, penumpang tetap nyaman. Biarpun melibas jalan yang jelek, penumpang tak merasa dikocokkoc­ok di dalam kabin. Sebelum menjajal Xpander Crossover, Jawa Pos sempat mencoba low SUV yang merupakan kompetitor di tanah air. Dalam test drive itu, MMC menyediaka­n juga mobil brand lain yang sekelas.

Wartawan yang mengikuti test drive pun diberi kesempatan untuk mencoba merek lain. Soal kenyamanan ketika melewati jalan yang rusak, memang Xpander Crossover lebih unggul. Namun, secara interior, keluaran baru Mitsubishi tersebut tidak begitu berbeda dengan generasi sebelumnya. Di segmen yang sama, pemain lama cukup mapan mengisi pasar. Antara lain, duet Toyota Rush dan Daihatsu Terios serta Honda BRV.

 ?? JAWA POS PHOTO ?? SEGALA MEDAN: Rombongan media asal Indonesia saat foto bersama Xpander Crossover di pabrik dan pusat pengembang­an MMC di Okazaki, Aichi, Jepang.
JAWA POS PHOTO SEGALA MEDAN: Rombongan media asal Indonesia saat foto bersama Xpander Crossover di pabrik dan pusat pengembang­an MMC di Okazaki, Aichi, Jepang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia