Jawa Pos

Ide Hansi Mudah Dipahami

-

KYLE Walker bukanlah satusatuny­a sosok berlabel pengganti yang jadi sorotan dalam matchday

keempat Liga Champions kemarin (7/11). Di balik kelolosan Bayern Muenchen ke 16 besar, ada nama Hans-Dieter Flick. Hansi, sapaan akrabnya, baru tiga hari menggantik­an Niko Kovac sebagai der trainer

Bayern dan langsung meraih sukses dalam laga debutnya. Hansi menyempurn­akan empat matchday fase grup A Bayern dengan victory dua gol tanpa balas atas Olympiakos di Allianz Arena. ’’Aku hanya meneruskan apa-apa yang sudah dibangun Niko (Kovac),” ujar Hansi dalam wawancara dengan TZ.

Mantan tangan kanan Joachim Loew di timnas Jerman itu hanya merendah. Sebab, melihat komposisi pemain dan performa Die Roten, Hansi mengusung idenya sendiri. Misalnya, menempatka­n gelandang Javi Martinez sebagai bek tengah sejak menit pertama. Itu bukan peran baru bagi Martinez. Dan, kolaborasi­nya dengan David Alaba yang notabene aslinya bek kiri membuat Bayern kembali mencatatka­n clean sheet setelah delapan pertanding­an.

Ide lain dari pelatih interim berusia 54 tahun itu ialah kembali memercayai Thomas Mueller. Ditambah kombinasi dengan double pivot pemain asal Jerman lainnya, Joshua Kimmich dan Leon Goretzka. Itu membuat Philippe Coutinho dan Thiago Alcantara tergusur ke bangku cadangan. ”Ideidenya cukup jelas dipahami,” kata Goretzka tentang Hansi kepada Sport 1.

Perubahan positif Hansi membawa tantangan yang lebih berat akhir pekan ini (10/11). Yakni, ketika Bayern menjamu Borussia Dortmund dalam spieltag kesebelas Bundesliga. ’’Aku belum memikirkan­nya. Aku masih menikmati kesuksesan kami (lolos ke 16 besar Liga Champions, Red),” ucap Hansi tentang Der Klassiker akhir pekan nanti.

 ?? KIRILL KUDRYAVTSE­V/AFP ?? KESAL: Cristiano Ronaldo tidak senang Maurizio Sarri menariknya keluar dari laga di RZD Arena.
KIRILL KUDRYAVTSE­V/AFP KESAL: Cristiano Ronaldo tidak senang Maurizio Sarri menariknya keluar dari laga di RZD Arena.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia