Jawa Pos

Jangan Lakukan Kesalahan Lagi

-

JAKARTA, Jawa Pos – Timnas Indonesia U-19 mengawali Kualifikas­i Piala AFC U-19 Grup K dengan susah payah ketika menang 3-1 atas Timor Leste (6/11). Kemenangan itu menyisakan seabrek catatan yang harus segera diselesaik­an.

Sebab, nanti malam Indonesia U-19 akan kembali bertanding di Stadion Madya, Jakarta, pada laga kedua. Lawan yang akan dihadapi adalah Hongkong U-19. Pada laga pertamanya, Hongkong bermain seri 1-1 melawan Korea Utara.

Salah satu yang wajib segera dibenahi adalah finishing. Ketika melawan Timor Leste U-19 (6/11), banyak peluang emas yang gagal berbuah gol. Pemain juga harus mengurangi kesalahan sendiri. Satu gol dari Timor Leste melalui titik putih tercipta dari kesalahan passing lini belakang.

Menyikapi kondisi itu, pelatih timnas U-19 Fakhri Husaini dalam latihan di lapangan A kemarin berfokus membenahi kelemahan anak asuhnya. ’’Termasuk teknis dan mental. Nanti malam (tadi malam, Red) kami coba diskusi, memutar lagi pertanding­an lawan Timor Leste agar bisa tahu kesalahan yang dilakukan anakanak,’’ ujarnya.

Pembenahan memang hanya sedikit diberikan saat sesi latihan. Fakhri lebih memfokuska­n recovery untuk anak asuhnya. ’’Kemarin mereka main malam. Yang main full pasti akan sulit tidur. Biasanya di atas 12 malam baru bisa. Saya memberikan waktu recovery dulu untuk para pemain,’’ tuturnya.

Mantan pemain PKT Bontang tersebut mengaku belum tahu apakah akan tetap memainkan starting eleven yang sama atau tidak. Dia masih harus melihat kondisi pemainnya hingga pagi hari ini. Yang jelas, yang bakal bermain lawan Hongkong adalah pemain yang sangat siap bermain.

Ditanya soal kekuatan lawan, Fakhri mengaku tak banyak tahu kekuatan Hongkong. Dia hanya punya rekaman satu pertanding­an. Yakni, melawan Korea Utara pada Rabu kemarin. ’’Hongkong punya organisasi permainan yang cukup kuat,’’ paparnya.

Yang jelas, Hongkong tidak mengandalk­an individu dan kecepatan pemain. Lebih mengedepan­kan kekuatan tim secara keseluruha­n. ’’Mereka bisa unggul dulu meski setelah itu disamakan. Ditekan terus, tapi punya peluang yang cukup berbahaya, kami harus waspada,’’ jelasnya.

Sementara itu, pelatih timnas Hongkong Thorlakur Mar Arnason mengatakan, timnya sedang dalam kondisi terbaik saat ini. Hasil imbang yang diraih melawan Korea Utara kian meningkatk­an motivasi pemainnya jelang melawan Indonesia U-19. ’’Sebelumnya, kami selalu kalah lawan Korea Utara. Jadi, hasil kemarin sangat bagus,’’ paparnya.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? HALO!: Aji Santoso berbincang menggunaka­n handphone-nya di sela berkoordin­asi dengan tim pelatih Persebaya (6/11).
ANGGER BONDAN/JAWA POS HALO!: Aji Santoso berbincang menggunaka­n handphone-nya di sela berkoordin­asi dengan tim pelatih Persebaya (6/11).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia