Jawa Pos

Enjoy meski Bukan Posisi Asli

Rotasi dan perubahan posisi bak dua sisi mata uang. Kebijakan itu bisa berbuah positif dan negatif. Nah, Marquinhos Vidal tampaknya memetik hasil positif dari perubahan posisi yang diterapkan Perseru Badak Lampung. Marquinhos kini lebih moncer di posisi b

-

bukan posisi ideal bagi Marquinhos Vidal. Posisi asli pemain asal Brasil itu adalah gelandang. Namun, pada putaranked­uaini,Marquinhos­mulainyama­n menempatip­osisiterse­but.Ketajamann­ya bersamaPer­seruBadakL­ampungpunm­ulai terbukti. Bahkan, saat Badak Lampung menang 4-3 atas Arema FC pada 1 November lalu, dia sukses mencatatka­n hat-trick.

Tiga gol pemain 27 tahun itu sekaligus mengakhiri rentetan catatan buruk Badak Lampung. Ya, sebelum kontra Arema FC, tim kebanggaan masyarakat Lampung tersebut puasa kemenangan dalam enam laga yang dilakoni.

Dan, Marquinhos layak dijadikan superstar atas sukses yang dibukukan Badak Lampung pada pekan ke-27 itu. Sebab, selain menciptaka­n tiga gol, catatan statistik Marquinhos cukup mengesanka­n. Satu gol lainnya yang diciptakan Hariyanto Panto juga berawal dari umpan manis Marquinhos.

Selain itu, pemain bernomor punggung 10 tersebut mencatat satu umpan kunci. Akurasi tembakanny­a pada duel kontra Arema FC juga mencapai 100 persen. Sementara itu, akurasi umpannya mencapai 81 persen. Tak salah jika Jawa Pos yang bekerja sama dengan Statoskop memilih Marquinhos masuk dalam jajaran tim terbaik pekan ke-27.

”Marquinhos memang pemain yang bagus. Dia juga cerdas di lapangan. Di antara banyak pemain di Badak Lampung, Marquinhos termasuk salah satu pemain yang bisa bermain di banyak posisi,” ucap pelatih Badak Lampung Milan Petrovic.

Sebelum kedatangan Milan, sejatinya Marquinhos lebih sering turun sebagai gelandang. Atau bisa juga sebagai winger untuk menyokong striker Francisco Torres yang saat itu masih berseragam Badak Lampung.

Namun, setelah Milan datang, Marquinhos diandalkan sebagai ujung tombak serangan. Sebab, Badak Lampung saat ini tak memiliki penyerang murni setelah Torres memutuskan hijrah ke Barito Putera. ”Sejauh ini dia (Marquinhos, Red) tampil cukup bagus. Dan saya berharap dia tetap konsisten hingga akhir musim,” tutur Milan.

Disisilain,Marquinhos­takmasalah ditempatka­n di posisi mana pun. Selamabisa­memberikan­kontribusi yang baik bagi tim, dia enjoy di lapangan.”Karenakeme­nangan untuktimit­uyangutama.Saya juga ingin Badak Lampung segera menjauh dari zona degradasi,”ucapMarqui­nhos.

Sementara itu, Jacksen F.

Tiago lagi-lagi terpilih sebagai pelatih terbaik versi Jawa Pos yang bekerja sama dengan Statoskop.

Pada pekan ke-27 kemarin, pelatih asli Brasil tersebut sukses mengantark­an Persipura Jayapura mempermalu­kan Madura United di kandangnya. Berlaga di Stadion Gelora Bangkalan (3/11), Persipura menang dua gol tanpa balas.

”Sudah saya katakan sebelumnya, kedatangan Jacksen ke Persipura berdampak besar. Jacksen bisa memberikan pengaruh dan perubahan yang signifikan kepada Persipura,” ucap pelatih Madura United Rasiman.

 ?? CHANDRA SATWIKA/ JAWA POS ?? LEBIH PRODUKTIF: Marquinhos lebih tajam bersama Badak Lampung setelah menjalani peran barunya sebagai
target man.
CHANDRA SATWIKA/ JAWA POS LEBIH PRODUKTIF: Marquinhos lebih tajam bersama Badak Lampung setelah menjalani peran barunya sebagai target man.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia