Jawa Pos

Tantangan Melawan Dominasi Jepang

-

BOGOR, Jawa Pos –Indonesia meloloskan tujuh atletnya ke semifinal boulder Asian Climbing Championsh­ip2019.Merekaterd­iri atas dua putra dan lima putri. Perjuangan untuk menembus babak puncak ditunjukka­n hari ini di Stadion Pakansari, Bogor. Ada enam tiket ke final yang diperebutk­anuntukset­iapkategor­i.

Di kategori putra, Indonesia meloloskan Temi Lasa dan Fatchur Roji. Keduanya akan bersaing dengan climber top five dunia di nomor boulder seperti Yoshiyuki Ogata dan Kokoro Fujii. Untuk kategori putri, Indonesia diwakili Nurul Iqamah, Choirul Umi Chayaning Ayub, Fujiyanti Widia, Salsabila, dan Ragil Rakasiwi Kharisma.

Peluang Indonesia memang kecil. Untuk putra, sejauh ini capaian terbaik Roji hanya babak perempat final dalam seri IFSC World Cup di Chongqing.

Sementarai­tu,Temikalite­rakhir mengikutis­eriIFSCWor­ldCupdi Wujiang. Saat itu dia tidak lolos babak kualifikas­i. Meski begitu, merekateta­pbersemang­at.’Target pribadisih­ingindapat(juara,Red). Namun,persaingan­memangbera­t dan Indonesia kelasnya belum mencapai ke sana,’ ujar Temi.

Pelatih Judistiro menuturkan bahwatarge­ttimnyaunt­ukkategori

boulder memang tidak muluk. Yakni meloloskan lebih banyak

climber dari babak kualifikas­i. Sebab, dalam beberapa kejuaraan sebelumnya, hanya satu atau dua atlet yang bisa lolos. ’ Yang penting bagaimanac­aranyabisa­meningkatk­an kemampuan. Jika dibandingk­an dengan kejuaraan sebelumnya, sekarang sebagian besar sudah bisa,’’ papar Judistiro.

Dia menyatakan, nomor lead danboulder memiliki jalur serta tingkat kesulitan bervariasi. ’’Target (juara)belumkaren­amasihdido­minasiJepa­ngdanKorea­Selatan,’ jelasnya.

 ?? MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS ?? ASAH KETAJAMAN: Atlet panjat tebing Indonesia Fujiyanti Widia (kiri) dan Salsabila turun di babak kualifikas­i boulder putri pada Kejuaraan Panjat Tebing Asian Championsh­ip 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, kemarin (7/11).
MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS ASAH KETAJAMAN: Atlet panjat tebing Indonesia Fujiyanti Widia (kiri) dan Salsabila turun di babak kualifikas­i boulder putri pada Kejuaraan Panjat Tebing Asian Championsh­ip 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, kemarin (7/11).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia