Jawa Pos

Jatim Lolos PON 2020

-

CABANG olahraga yang mewakili Jawa Timur (Jatim) di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 bertambah. Itu terjadi seiring dengan lolosnya bulu tangkis ke pesta olahraga empat tahunan yang akan dilaksanak­an di Papua tersebut.

Tiket itu diperoleh setelah Jatim putra menang telak 5-0 atas Banten dalam pertanding­an Pra PON 2020 Wilayah 3 di GOR Sudirman, Surabaya, kemarin. Kesuksesan tersebut juga diikuti tim putri yang dipaksa bekerja keras oleh Banten dengan skor 2-1. ’’Target kami memang harus lolos ke PON,’’ kata Ketua Pengprov PBSI Jatim Wijanarko Adi Mulya.

Namun, dia mengingatk­an agar keberhasil­an menembus PON itu tak membuat anak asuh trio pelatih Imam Tohari, Jeffer Rosobin, dan Taufiq Hidayat Akbar tersebut tak berpuas diri. Wijar, sapaan karib Wijanarko, mengungkap­kan bahwa mereka sudah ditunggu target yang lebih tinggi, yakni medali di Papua. ’’Kami akan mengadakan pemusatan latihan jangka panjang dengan sistem promosi dan degradasi (promdeg). Pebulu tangkis yang siaplah yang akan kami pakai di PON 2020 nanti,’’ tegas Wijar yang juga wakil Sekjen PP PBSI. Jatim, baik putra maupun putri, lolos dengan status juara wilayah. Sebelum menang atas Banten, tim putra dan putri menaklukka­n DI Jogjakarta.

Jika dibandingk­an dengan pertanding­an pertama, sektor putri sempat membuat deg-degan. Tunggal pertama mereka, Sri Patmawati, dipermaluk­an Putri Kusuma Wardani dua game langsung 16-21, 17-21. Untung, dua partai berikutnya, yaitu ganda dan tunggal kedua, disapu bersih oleh Jatim. Pasangan Febrina Dwi Puji Kusuma/Marsheilla Gischa Islami menundukka­n wakil Banten Serena Kani/Tryola Nadia 21-12, 21-16 dan Desima Aqmar Syarafina menang 21-13, 21-19 atas Silvi Wulandari.

Dalam kualifikas­i yang dilaksanak­an di beberapa wilayah itu, hanya juara yang langsung lolos. Sementara runner-up akan diadu dengan wilayah lain. Kualifikas­i juga dilaksanak­an di Bengkulu, Palangka Raya, dan Manado.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia