Jawa Pos

Ucap Pancasila, Rekomendas­i Naturalisa­si Dikeluarka­n

-

JAKARTA, Jawa Pos – Upaya Kementeria­n Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk menaturali­sasi pebasket Peyton Alexis Whitted dan pesepak bola Fabiano da Rosa Beltrame tinggal selangkah lagi. Kemarin (7/11) Komisi X DPR sepakat memberikan rekomendas­i kewarganeg­araan setelah sehari sebelumnya komisi III juga merespons positif langkah tersebut.

Rapat kerja di Gedung Nusantara I itu dihadiri Menpora Zainudin Amali, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, dan Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih. Dalam kesempatan tersebut, mereka memaparkan alasan naturalisa­si bagi setiap atlet.

Pengajuan naturalisa­si untuk Whitted yang berasal dari Amerika Serikat memang sempat menimbulka­n pertanyaan. Sebab, gadis kelahiran Tennessee, 2 Juni 1995, itu baru empat bulan tinggal di Indonesia. Namun, dia memang dibidik untuk memperkuat timnas 3x3 di ajang SEA Games 2019. Setelah itu, Whitted bakal dipindahka­n ke timnas basket 5-on-5. ’Dalam aturan FIBA, setiap tim diizinkan memakai satu pemain naturalisa­si dan pemain itu tidak pernah mewakili timnas negara asal,’ jelas Danny.

Bagi sang pemain, Indonesia terasa seperti rumah sendiri. Whitted sangat menikmati masamasa adaptasiny­a dengan lingkungan baru ini. ’ Saya ingin membagi pengalaman saya untuk tim dan membawa pulang emas bagi Indonesia,’’ kata Whitted.

Pertanyaan yang diajukan untuk Beltrame sama. Sebab, masa golden age pemain Persib Bandung tersebut sudah lewat. Saat ini Beltrame sudah berusia 37 tahun. Hampir 14 tahun dia berkarir di liga sepak bola Indonesia.

’’Mungkin ada yang bilang saya kelihatan nggak terlalu muda. Tapi, data membuktika­n saya masih ada di top level. Tahun lalu, di Madura United, meski berposisi bek, saya jadi top scorer,’’ ucap Beltrame. Untuk meyakinkan para anggota, Whitted dan Beltrame dites soal pengetahua­n mereka tentang Pancasila. Meski dengan terbata-bata, mereka cukup lancar melafalkan ideologi NKRI tersebut. Barulah setelah itu rekomendas­i diberikan.

 ??  ?? Anak :
Sabtu
Jumat 1 November 2019 Hong Kong.
Ruang VIP: A,
Senin 11 November 2019 08:30 WIB. Kami Yang Mengasihi : Istri :
Menantu :
Cucu :
Beserta Saudara, Saudara Ipar dan Keponakan
Waktu
Dalam usia: 89 tahun
9 November 2019 12:00 WIB. Sentong Baru Lawang.
Anak : Sabtu Jumat 1 November 2019 Hong Kong. Ruang VIP: A, Senin 11 November 2019 08:30 WIB. Kami Yang Mengasihi : Istri : Menantu : Cucu : Beserta Saudara, Saudara Ipar dan Keponakan Waktu Dalam usia: 89 tahun 9 November 2019 12:00 WIB. Sentong Baru Lawang.
 ?? HENDRA EKA/JAWA POS ?? TINGGAL SELANGKAH: Fabiano Beltrame da Rosa (kanan) dan Peyton Alexis Whitted saat hadir di Senayan, Jakarta, kemarin (7/11).
HENDRA EKA/JAWA POS TINGGAL SELANGKAH: Fabiano Beltrame da Rosa (kanan) dan Peyton Alexis Whitted saat hadir di Senayan, Jakarta, kemarin (7/11).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia