Jawa Pos

Ngebut di Tol Pakai BMW, Bocah Tabrak Pikap

Gunakan Kunci Cadangan, Tidak Izin Orang Tua

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Kecelakaan hebat terjadi di tol Surabaya–Sidoarjo kemarin (7/11). Sebuah BMW tipe 330i yang dikemudika­n bocah 15 tahun menabrak pikap yang mengangkut sepeda motor dari arah belakang. Pengemudi pikap terluka parah.

Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 14.30. Sedan yang dikemudika­n Jey (nama samaran) melaju dengan kecepatan tinggi. Di mobil tersebut, dia bersama tiga temannya. Jey berencana belajar kelompok di rumah temannya di Sidoarjo Kota.

Jey melintas di jalan tol dengan cara zig-zag. Rupanya di depan mobil yang dikemudika­nnya, ada pikap yang dikendarai Nanang Nur Cahyono

J

Di Km 751-600/A tol Sidoarjo, tabrakan pun tak terelakkan. Bahkan, saking kerasnya tabrakan, bak pikap sampai hancur. Nanang juga terluka parah di bagian kepala.

Jey dan tiga temannya selamat. Jey masih dimintai keterangan oleh polisi terkait kejadian tersebut.

Kanit PJR Tol Waru II AKP Amar Hadi Susilo menjelaska­n bahwa pengemudi BMW tidak mampu menguasai mobil dengan mesin turbo 4 silinder berkapasit­as 1.998 cc itu. ’’Dari olah TKP, sedan melaju kencang lebih dari 100 km/jam. Sangat berbahaya,” ungkapnya. Maklum, mobil tersebut bisa berakseler­asi dalam waktu 5,8 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam.

Saat diperiksa, Jey mengaku pergi ke Sidoarjo tanpa izin orang tua. Dia mengambil mobil dari garasi dan membawanya ke Sidoarjo. ’’Dia memakai kunci cadangan,” jelas Amar.

Hingga berita ini ditulis, pihaknya masih memeriksa bocah tersebut di pos induk PJR Tol Jatim II. Termasuk menunggu kedatangan orang tua Jey untuk penyidikan lebih lanjut.

Akibat kecelakaan tersebut, kondisi lalu lintas macet hingga 1 kilometer. ’’Kondisi pikap rusak parah. Demikian juga muatan tiga sepeda motor,” katanya.

Terpisah, Kanitlaka Polresta Sidoarjo AKP Sugeng Sulistiyon­o berharap peristiwa tersebut menjadi pelajaran bagi para orang tua. ’’Jangan memberikan fasilitas kendaraan bermotor untuk anak di bawah umur,” tegasnya.

Hal tersebut bukan tanpa alasan. Selama operasi Zebra Semeru 2019 di Sidoarjo yang berakhir Selasa (5/11), tercatat 3.297 surat tilang melayang kepada para pengemudi di bawah umur. Perinciann­ya, 3.078 pengendara roda dua dan 219 pengemudi roda empat. ’’Harus lebih tegas sebelum anak-anak terlibat kecelakaan lalu lintas,” tandasnya.

Kematian Lettu Arif Aryo Prakoso memang masih menyisakan teka-teki. Sebab, menurut keluarga korban, dia tak memiliki riwayat penyakit. Rio juga tak pernah mengeluhka­n apa pun. Karena itu, setelah diidentifi­kasi tim inafis dan Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal), jenazah korban langsung dibawa ke RSUD dr Soetomo untuk diotopsi.

Sementara itu, Kasatreskr­im Polrestabe­s Surabaya AKBP Sudamiran mendatangi langsung tempat kejadian perkara (TKP). Dia memimpin proses identifika­si di lokasi.

Hanya, perwira dengan dua melati di pundak itu enggan berkomenta­r panjang. Sebab, yang menjadi korban adalah anggota TNI-AL.

Sudamiran tidak menampik bahwa saat ditemukan, kepala korban tertutup kresek. Namun, polisi asal Ngawi itu menyebut tidak ada tanda penganiaya­an pada tubuh korban. ’’Nihil bekas kekerasan,” ucapnya. ’’Konfirmasi lebih lanjut sebaiknya ke AL langsung,” tambahnya.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Koarmada II Letkol Laut (P) Djawara H.T. Whimbo mengatakan sudah mendengar soal meninggaln­ya Lettu Arif. Dia membenarka­n bahwa korban merupakan anggota TNI-AL yang bertugas di Koarmada II. ’’Memang benar. Yang bersangkut­an anggota (TNI-AL, Red),” katanya.

Hanya, terkait penyebab dan kronologin­ya, Whimbo belum bisa memaparkan­nya secara detail. ’’Yang jelas, Pomal sudah bergerak. Nanti kami beri informasi selanjutny­a,” tegas Whimbo.

 ?? PJR TOL II POLDA JATIM ?? AKIBAT KECEPATAN TINGGI: Bak pikap yang dikemudika­n Nanang Nur Cahyono rusak. Foto kiri, polisi memeriksa moncong BMW yang menabrak pikap di tol Surabaya– Sidoarjo.
PJR TOL II POLDA JATIM AKIBAT KECEPATAN TINGGI: Bak pikap yang dikemudika­n Nanang Nur Cahyono rusak. Foto kiri, polisi memeriksa moncong BMW yang menabrak pikap di tol Surabaya– Sidoarjo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia