Jawa Pos

Sambut Maulid Nabi, Warga Kedung Cowek Kibarkan Kerudung

-

SURABAYA, Jawa Pos – Maulid Nabi diperingat­i warga dengan berbagai cara. Salah satu yang mempunyai tradisi unik adalah warga di kawasan pesisir Kecamatan Bulak. Tiap rumah menyetor kerudung untuk digantung sebagai umbul-umbul di sepanjang jalan kampung.

Suasana Jalan Pantai Kenjeran pun tampak begitu meriah. Ratusan kain berbagai warna dan motif menggantun­g menghiasi sepanjang jalan tersebut.

Tradisi pasang umbul-umbul itu sudah menjadi kebiasaan warga di RW 2 dan 3, Kelurahan Kedung Cowek, Kecamatan Bulak. Mereka memasang berbagai jenis kain untuk menyambut Maulid Nabi. ’’Tradisi ini berjalan sejak saya kecil,’’ ujar Ketua RW 2 Samiadi.

Dia mengatakan, sepekan sebelum Maulid Nabi, persiapan sudah dimulai. Tiap rumah memasang selembar kain pada tali yang membentang di sepanjang jalan tersebut. Jenis kainnya bebas. Tidak ada persyarata­n khusus.

Namun, seiring dengan berkembang­nya zaman, banyak warga yang menggunaka­n kerudung. Sebab, itu lebih simpel dan mudah. ’’Jumlah yang dipasang juga tidak dibatasi, semaunya warga. Yang penting berwarna,’’ jelasnya.

Dia menuturkan bahwa pemasangan kerudung itu merupakan ungkapan sukacita warga untuk menyambut hari kelahiran Nabi Muhammad tersebut.

Samiadi tidak tahu pasti awal mula tradisi itu. Dari cerita pendahulun­ya, dulu orangorang kesulitan membuat umbul-umbul saat perayaan 17 Agustus

J

’’Jadi, kain seadanya sebagai pengganti. Yang paling penting meriah,’’ katanya.

Selain memasang umbul-umbul, warga menggelar peringatan

Maulid Nabi dengan meriah. Sore ini (8/11) akan ada karnaval yang diikuti warga dari dua RW. Peserta harus mengenakan kostum unik dengan berbagai tema.

Selain itu, terdapat gunungan dari buah-buahan dan hasil bumi yang diarak. Yang paling seru adalah tradisi udi-udian. Saat rombongan karnaval melewati depan rumah warga, akan ada yang melempar uang dari atas. Besarannya macam-macam. Mulai Rp 2.000 hingga Rp 10.000.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? ANEKA MOTIF: Warga Kedung Cowek mengibarka­n kerudung menjelang peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Tradisi tersebut sudah berlangsun­g turun-temurun.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ANEKA MOTIF: Warga Kedung Cowek mengibarka­n kerudung menjelang peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Tradisi tersebut sudah berlangsun­g turun-temurun.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia