Jawa Pos

Parade Surabaya Juang Diikuti Tiga Ribu Peserta

-

SURABAYA, Jawa Pos – Menjelang peringatan Hari Pahlawan, Pemkot Surabaya mengadakan Parade Surabaya Juang pada Sabtu (9/11). Parade itu akan diikuti sekitar tiga ribu orang dari berbagai latar belakang. Mulai forum komunikasi pimpinan daerah, komunitas pencinta sejarah, mahasiswa, pelajar, hingga tamu asing. Ada pula duta kota pahlawan dunia dari pemerintah St Petersburg.

Acara yang dimulai pukul 07.30 tersebut mengambil rute di sebelah timur Tugu Pahlawan, Jalan Tunjungan, Jalan Gubernur Suryo, Monumen Bambu Runcing, Jalan Raya Darmo, hingga finis di Taman Bungkul. Di tiap spot utama, bakal ada aksi teatrikal yang menggambar­kan kejadian saat zaman kemerdekaa­n. Di Taman Bungkul ada teatrikal perang Wonokromo. Kemudian, di Tugu Pahlawan ada teatrikal perang 10 November. Total ada tujuh spot dan tujuh aksi teatrikal yang berbeda.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Antiek Sugiarti mengungkap­kan, selama ini Parade Surabaya Juang lebih banyak menonjolka­n pahlawan dari Surabaya dan Jawa Timur. Nah, kali ini, dihadirkan pula sosok pahlawan dari seluruh Nusantara.

Total ada 300 pemain teatrikal. Sementara itu, ada sekitar tiga ribu peserta yang ikut serta dalam parade tersebut. Itu belum termasuk tim pengamanan dan tim dishub. ”Nanti Bu Risma membacakan puisi karya Mustofa Bisri atau Gus Mus di depan Hotel Majapahit,” imbuh Antiek.

Parade Surabaya Juang telah menjadi salah satu agenda nasional dalam rangka memperinga­ti Hari Pahlawan. Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendali­an Lalu Lintas Dishub Surabaya Soesandi Ismawan menyatakan, pihaknya menyiapkan penutupan jalan mulai pukul 06.00.

 ?? HARYANTO TENG/JAWA POS ?? lNOVATIF: Agung menunjukka­n minyak mentah olahan kampungnya.
HARYANTO TENG/JAWA POS lNOVATIF: Agung menunjukka­n minyak mentah olahan kampungnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia