Jawa Pos

Warga Temukan Kepala Patung di Dekat Sumur Bersejarah

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Bukan hanya sumur dan struktur bangunan. Warga Desa Pepe, Sedati, dikejutkan dengan penemuan benda kuno lain. Yaitu, kepala patung yang diduga peninggala­n bersejarah. ’’Terbuat dari bata. Diraba terasa halus. Kalau diangkat, lumayan berat,’’ kata Agung Handoko, warga setempat, saat ditemui kemarin.

Benda itu dia dapatkan dari warga lain bernama Prapto. ’’Baru dikasih kemarin (Rabu, Red). Ternyata sudah lama disimpan,’’ terangnya.

Menurut Handoko, Prapto mengira benda tersebut hanya patung biasa. Setelah ada temuan sumur kuno dan beberapa struktur bangunan lama, dia lantas memberikan­nya. ’’Kepala patung ditemukan di sungai dekat sumur. Prapto menduga itu bagian dari situs,’’ ungkapnya. ’’Karena diberikan, ya saya simpan bersama temuan lainnya. Yakni, pecahan tembikar,’’ lanjutnya.

Handoko berharap temuan yang disimpan tersebut menjadi bukti bahwa Desa Pepe, dulunya, punya cikal bakal peradaban kuno. ’’Semoga segera mendapat perhatian pihak terkait seperti BPCB (Badan Pelestaria­n Cagar Budaya) Trowulan,’’ tuturnya.

Banyaknya penemuan situs mendapatka­n respons cepat dari pihak kecamatan. Pelaksana Tugas (Plt) Camat Sedati Abu Dardak menyampaik­an, dirinya telah dua kali berkunjung secara langsung. Karena itu, pihaknya membangunk­an peneduh di sekitar sumur. ’’Kami pelihara bersama para pemerhati situs dari Laskar Nuswantara,’’ katanya.

Agar tidak rusak, lanjut Dardak, kecamatan berjanji menjaga kelangsung­an situs tersebut. Baik sumur yang ditemukan maupun struktur bangunan kuno. ’’Senin depan saya akan menyurati laporan penemuan ke BPCB Trowulan,’’ ungkapnya.

 ?? ROBBY KURNIAWAN/JAWA POS ?? BENDA PURBAKALA: Agung Handoko menunjukka­n kepala patung yang ditemukan warga Desa Pepe, Sedati, kemarin.
ROBBY KURNIAWAN/JAWA POS BENDA PURBAKALA: Agung Handoko menunjukka­n kepala patung yang ditemukan warga Desa Pepe, Sedati, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia