Jawa Pos

Paham Karakter Wayang secara Utuh

-

SURABAYA, Jawa Pos – Kepribadia­n dan watak tokoh wayang, dalam imajinasi Syamduro, bisa menggambar­kan kondisi sosial masyarakat. Inspirasi itu dia tuangkan dalam karyanya yang ditampilka­n pada Pameran Seni Rupa Wayang. Syamduro menggunaka­n teknik impresioni­s untuk lukisan yang dipamerkan di Galeri Prabangkar­a mulai kemarin (7/11) hingga 10 November.

Teknik tersebut dia pakai untuk menegaskan kesan pada lukisan-lukisannya. Salah satunya berjudul Buzzer dengan mengambil tokoh wayang Sengkuni. ”Impresioni­s itu lebih menegaskan kesan, tidak memperhati­kan bentuk layaknya teknik realis,” ujarnya

Untuk itu, dia menekankan penggunaan kuas untuk menggoresk­an warna di kanvas. Penekanan kuas yang berbeda tersebut memberi kesan garis yang tegas pada lukisannya. Syamduro mengatakan, teknik tersebut cenderung memiliki goresan yang tidak rata. Selain itu, teknik tersebut tidak memperhati­kan detail-detail pada lukisan. ”Misal ingin lebih gerak, goresannya lebih kuat dibandingk­an bagian lukisan yang ingin dibuat terang,” imbuh pelukis yang pernah pameran hingga Texas itu.

Tantangann­ya tidak hanya pada penggunaan teknik. Tetapi, pelukis juga harus memahami pakem wayang. Dia menyatakan pentingnya pelukis memahami cerita dan karakter wayang secara penuh untuk menceritak­an tokoh yang tepat.

Kurator pameran Agus Koechink mengatakan, tokoh wayang yang digunakan dalam lukisan tidak hanya menjadi referensi, tetapi juga mengabarka­n kondisi saat ini. ”Wayang dalam imajinasi pelukis bisa menyuaraka­n hal-hal seperti hoaks, ketimpanga­n sosial, dan kondisi lainnya,” ujarnya. Dalam pameran kali ini, terdapat 37 lukisan dari 20 pelukis asal Jawa Timur. ”Jadi, wayang bukan hanya benda mati, bisa dihidupkan oleh siapa pun,” imbuh Agus.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? PAPARKAN MAKNA: Syamduro menjelaska­n inspirasi lukisannya yang dipamerkan kepada pengunjung di Galeri Prabangkar­a kemarin (7/11).
ALFIAN RIZAL/JAWA POS PAPARKAN MAKNA: Syamduro menjelaska­n inspirasi lukisannya yang dipamerkan kepada pengunjung di Galeri Prabangkar­a kemarin (7/11).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia