Jawa Pos

Pakai Cat Krom, Dimensi Lima Kali Lebih Besar

Seni Instalasi Kekinian Karya Tiga Desainer KoKum

-

SURABAYA, Jawa Pos – Maraknya pembuatan seni instalasi belakangan ini menginspir­asi tiga desainer asal Surabaya. Mereka adalah Yosia Evan Wibisono, Ifan Roring, dan Ellen Anatasia.

Mengolabor­asikan background ilmu desain produk, desain interior, dan desain komunikasi visual, tiga orang yang tergabung dalam Konco Kumpul (KoKum) itu membuat 10 instalasi dengan ukuran ratarata 20 meter persegi.

Pembuatan sepuluh karya itu memerlukan waktu tiga bulan. ”Tujuan pembuatan instalasi ini, kami ingin yang melihat tidak hanya bisa menikmatin­ya dengan mata. Tapi, bisa memegang dan mengeksplo­rasi. Biar penikmat seni ini bisa merasakan experience yang berbeda,” jelas Yosia. Pengunjung bisa menikmati seni instalasi yang dipamerkan di Plaza Surabaya

hingga 31 Januari 2020.

Pria yang merupakan alumnus Desain Produk ITS itu juga menjelaska­n bahwa tema yang diambil untuk seni instalasi tersebut adalah dolanan. ”Kami kembali ke era 90-an dan menyuguhka­n yang khas dari Surabaya,” terangnya.

Misalnya, cubicle Bang Bingbung. Terinspira­si dari boardgame monopoli, mereka menyuguhka­n konsep tersebut menjadi bentuk tiga dimensi. ”Bagian belakangny­a dimural. Jadi, benar-benar hand painted,” jelasnya.

Tidak hanya itu, permainan monopoli juga identik dengan uang kertas. ”Nah, di sini kami pakai alat seperti pistol yang bisa mengeluark­an uang. Uang-uang ini juga didesain dan dicetak sesuai denganmask­otKoKum,”katapria kelahiran 20 Juni 1979 tersebut.

Selain cubicle dengan tema

game-game zaman dulu, ada yang Suroboyo banget. Yakni, singgasana berhias emas. Berjudul Horang Kaya, seni instalasi itu terinspira­si dari fenomena crazy rich Surabaya yang muncul setelah booming film

Crazy Rich Asians.

Pada cubicle yang satu ini, Yosia mengaku membutuhka­n cat yang berbeda. Yakni, cat krom. ”Karena emas-emas batangan ini bener-bener butuh mengilap biar kayak emas betulan yang bisa dibuat becermin. Kalau pakai cat biasa, hasilnya nggak bisa shining gini,” jelasnya.

Tidak hanya itu, untuk menunjukka­n statement horang kaya yang lebih mengena, dimensi ukuran benda-benda yang ada dalam instalasi itu juga dibuat lima kali lebih besar. Mulai rantai-rantai emas, koin-koinnya, hingga emas batangan. Dengan demikian, pengunjung yang masuk ke instalasi tersebut berasa crazy rich betulan.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? CRAZY RICH BEBERAPA DETIK: Seorang pengunjung menikmati seni instalasi Horang Kaya karya Yosia Evan, Ifan Roring, dan Ellen Anatasia.
DIPTA WAHYU/JAWA POS CRAZY RICH BEBERAPA DETIK: Seorang pengunjung menikmati seni instalasi Horang Kaya karya Yosia Evan, Ifan Roring, dan Ellen Anatasia.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia