Jawa Pos

GARUDA MUDA MELAJU KE PUTARAN FINAL PIALA ASIA

-

JAKARTA, Jawa Pos – ’’Kami sudah sepakat sebelum pertanding­an. Hari ini 10 November (kemarin) adalah Hari Pahlawan. Kami berjanji berjuang di lapangan layaknya pahlawan,’’ kata pelatih timnas Indonesia U-19 Fakhri Husaini sebelum pertanding­an melawan Korea Utara U-19 tadi malam (10/11).

Sebuah janji bahwa anak asuhnya tidak akan main-main dalam pertanding­an terakhir melawan Korea Utara U-19 pada kualifikas­i Piala AFC U-19 grup K.

Janji itu dibuktikan. Timnas U-19 berjuang layaknya pahlawan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) tadi malam. Garuda Muda pun lolos ke Piala AFC U-19 tahun depan di Uzbekistan ■

Juga siap membuktika­n layak tampil di Piala Dunia U-20 2021 bukan semata karena faktor menjadi tuan rumah. Semifinali­s Piala AFC U-19 otomatis lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Didukung belasan ribu suporter setia, timnas U-19 tertinggal lebih dulu pada menit ke-41. Kapten Korea Utara U-19 Kim Kwangchong berhasil memperdaya lini pertahanan timnas U-19 dan melakukan tendangan terarah ke pojok gawang. ’’Korut memanfaatk­an direct

play, pasang dua striker untuk langsung menyerang. Kami akui sulit,’’ ucap Fakhri. Tapi, ’’senjata rahasia’’ timnas U-19 akhirnya dimasukkan pada babak kedua. M. Supriyadi dan Brylian Aldama dimainkan. Supriyadi menggantik­an Serdy Ephy Fano Boky pada menit ke-46 dan Brylian masuk pada menit ke-57 untuk menggantik­an Theo Fillo Numberi.

Hasilnya, timnas U-19 yang awalnya sulit menembus pertahanan lawan bisa makin agresif. Permainan passing-passing pendek yang mengandalk­an kecepatan winger kembali terlihat. Hingga akhirnya, Indonesia dihadiahi penalti setelah Bagus Kahfi dilanggar bek Korut U-19 Chae Yu-song. Bagus yang ditunjuk sebagai algojo pada menit ke-61 menjalanka­n tugas dengan sempurna.

Gol penalti Bagus menjadi gol terakhir pada pertanding­an tadi malam. Tambahan satu poin membuat timnas U-19 menjadi pemuncak grup K dan otomatis meraih tiket Piala AFC U-19 tahun depan.

Fakhri pun bersyukur bisa lolos ke Piala AFC U-19. Anak asuhnya bisa membuktika­n diri punya kesempatan lolos ke Piala Dunia U -20 dengan kerja keras sendiri .’ Saya bangga atas apa yang sudah dilakukan para pemain,’’ tegasnya.

Mantan gelandang timnas Indonesia itu menyebutka­n, kemenangan atas Korut U-19 dan lolos ke Piala AFC dipersemba­hkan untuk seluruh suporter timnas. Untuk semua orang yang selama ini memberikan dukungan dan doa kepada skuadnya. ’’Semoga di Piala Asia nanti kami bisa menunjukka­n bahwa kami layak ikut Piala Dunia U-20,’’ harapnya.

Sementara itu, pelatih Korut U-19 Pak Kyong-bong kecewa atas apa yang didapat anak asuhnya. Dia merasa seharusnya timnya bisa menang atas Indonesia kemarin. ’’Tapi, kami telah berusaha dengan baik. Kami jelas tidak senang dengan hasil ini,’’ katanya.

 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? JUARA GRUP: Pemain timnas U-19 merayakan keberhasil­an lolos ke Piala Asia U-19 2020 setelah bermain imbang dengan Korea Utara di laga pemungkas kualifikas­i di Stadion Utama Gelora Bung Karno tadi malam.
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS JUARA GRUP: Pemain timnas U-19 merayakan keberhasil­an lolos ke Piala Asia U-19 2020 setelah bermain imbang dengan Korea Utara di laga pemungkas kualifikas­i di Stadion Utama Gelora Bung Karno tadi malam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia