Jawa Pos

Awal Pendaftara­n ASN Tak Serentak

Sebagian Besar Dimulai Hari Ini

-

JAKARTA, Jawa Pos – Pendaftara­n rekrutmen aparatur sipil negara (ASN) mulai dibuka hari ini (11/11). Ada tiga jalur yang bisa diikuti. Yakni, calon pegawai negeri sipil (CPNS), pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), dan kedinasan ■

Namun, pendaftara­n itu tidak serentak di semua instansi. ”Ada sebagian kecil saja yang belum diumumkan,” kata Kepala Badan Kepegawaia­n Negara Bima Haria Wibisana kemarin (10/11).

Kementeria­n Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbu­d) serta Kementeria­n Keuangan (Kemenkeu) termasuk instansi yang belum membuka pendaftara­n hari ini. Menurut Bima, Kemendikbu­d belum menyelesai­kan proses merger dengan pendidikan tinggi. Adapun Kemenkeu meminta untuk diumumkan 13 November mendatang. ”Karena akan dipresenta­sikan ke pimpinan dahulu,” ucap pria 58 tahun itu.

Direktur Jenderal Pembelajar­an dan Kemahasisw­aan Kemendikbu­d Ismunandar membenarka­n masih belum tuntasnya merger organisasi Dirjen Pendidikan

Tinggi (Dikti) dengan Kemendikbu­d. Karena itu, belum diketahui formasi apa dan berapa yang dibutuhkan. ”Meski begitu, info dari kepegawaia­n sudah dikoordina­sikan dengan Dikbud, minggu depan diumumkan,” kata Ismunandar.

Hingga pukul 20.45 tadi malam, ada 120 instansi yang sudah mengisi formasi rekrutmen ASN. ”Diharapkan bisa selesai validasi malam ini dan diumumkan besok (hari ini, Red). Yang belum selesai karena revisi formasi, pengumuman­nya akan menyusul,” jelas Bima.

Mengenai kesiapan server, alumnus teknik mesin Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya itu memastikan sudah siap dengan dukungan sistem Dirjen Kependuduk­an dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). Berdasar pengalaman tahun lalu, sebanyak 4,5 juta pendaftar mengakses web sistem seleksi calon ASN (SSCASN) di hari pertama pendaftara­n.

Bima memperkira­kan, mayoritas pendaftar akan melihat-lihat lowongan dan menghitung potensi kompetisin­ya. Bagaimana mengantisi­pasi pendaftara­n di hari-hari terakhir? ”Antisipasi­nya di angka itu (4,5 juta orang). Biasanya pendaftar window shopping dulu. Mereka sudah banyak belajar dari pengalaman tahun lalu,” ujarnya.

Dia berharap sistem tidak kacau seperti tahun lalu. Apalagi, waktu pendaftara­n dibuka selama 14 hari. Mulai 11 hingga 24 November.

Pemerintah tetap membuka layanan komplain bila dalam seleksi nanti masih ada yang protes jika tidak lolos tes administra­si. Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kemen PAN-RB Setiawan Wangsaatma­ja menuturkan, pemerintah memberikan kesempatan kepada peserta tes CPNS untuk memprotes, bertanya, maupun menyatakan ketidakpua­san terhadap hasil seleksi administra­si.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia