Jawa Pos

Tradisi Endog-endogan, Arak Ribuan Telur dari Lima Penjuru

-

BANYUWANGI, Jawa Pos – Setiap tahun warga Banyuwangi menggelar Festival Endog-endogan dalam rangka memperinga­ti Maulid Nabi Muhammad SAW. Mereka mengarak ribuan telur yang ditancapka­n di batang pohon pisang sebagai simbol nilai-nilai Islam bagi semua warga muslim.

Tradisi endog-endogan itu sangat popular di Banyuwangi. Hampir di setiap kampung, warga menyambut kelahiran Nabi Muhammad SAW secara sukacita dengan mengarak ribuan telur mengelilin­gi kampungnya. Ribuan telur tersebut dihiasi beraneka warna dan ditancapka­n dalam batang pisang (jodang).

Biasanya, satu jodang terdapat 50 telur yang masing-masing telah ditempatka­n sebuah wadah kecil yang menarik. Saat mengarak telur, warga melantunka­n salawat sebagai bentuk pengh o r m a t a n k e p a d a N a b i Muhammad SAW.

Mereka berjalan keliling kampung dengan mengumanda­ngkan salawat sembari menggaungk­an kelahiran Nabi Muhammad SAW. Tradisi yang telah lekat itulah yang mengilhami

Pemkab Banyuwangi menggelar Festival Endog-endogan dan dimasukkan agenda Banyuwangi Festival.

Sebagaiman­a tahun ini, dengan mengenakan pakaian serbaputih, ribuan warga mengarak jodang telur. Mereka datang dari lima penjuru yang melambangk­an jumlah salat wajib bagi umat muslim. Salawat Nabi terus dikumandan­gkan mengiringi arak-arakan telur tersebut.

Arak-arakan itu bertemu tepat di depan Masjid Agung Baiturrahm­an Banyuwangi pada Sabtu (9/11). Lokasi tersebut merupakan lokasi baru setelah pada tahun-tahun sebelumnya Festival Endog-endogan di pusatkan di halaman kantor Pemkab Banyuwangi.

 ?? JAWA POS RADAR BANYUWANGI ?? MAULID NABI: Bupati Anas, Wabup Yusuf, dan forpimda menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Agung Baiturrahm­an Banyuwangi.
JAWA POS RADAR BANYUWANGI MAULID NABI: Bupati Anas, Wabup Yusuf, dan forpimda menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Agung Baiturrahm­an Banyuwangi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia