Jawa Pos

Tasyakuran dengan Baju Pejuang, lalu Nggowes Bareng

Rangkaian Dies Natalis Ke-65 Universita­s Airlangga

- Mereka yang Terlibat dalam Pertempura­n 10 November dan Kehidupann­ya Saat Ini (3-Habis)

SURABAYA,JawaPos–Kemeriahan­rangkaianD­ies NatalisKe-65Universi­tasAirlang­ga(Unair)begitutera­sa dikampusCk­emarin(10/11).Seluruhciv­itasacadem­ica, mulai mahasiswa, dosen, dekan, wakil rektor, hingga rektor, kompak mengenakan pakaian pahlawan saat upacara memperinga­ti Hari Pahlawan.

Kegiatan tersebut dilanjutka­n dengan tasyakuran lewat penampilan para dosen dan pejabat Unair. Kemudian, dilanjutka­n nggowes bareng mengelilin­gi lingkungan kampus dengan mengenakan baju pahlawan

J

Kemarin Menteri Riset, Teknologi, dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Prof Bambang Permadi Soemantri Brodjonego­ro meninjau dua produk unggulan Universita­s Airlangga. Yakni, stem

dan cangkang kapsul rumput laut. Dua inovasi tersebut akan diluncurka­n hari ini.

Bambang mengatakan bahwa dalam pengembang­an ilmu pengetahua­n, universita­s harus terus melahirkan berbagai inovasi. Khususnya inovasi yang memiliki nilai guna terhadap masyarakat. Misalnya, produk stem cell yang digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit. ”Produk atau temuan seperti ini harus lebih banyak dilahirkan oleh para ilmuwan di perguruan tinggi,” katanya.

Bambang berharap, ke depan stem cell bisa dipasarkan agar manfaatnya dapat dirasakan oleh orang banyak. Pengobatan stem cell juga menjadi salah satu cara agar masyarakat Indonesia tidak perlu berobat ke luar negeri. ”Semoga ke depan semakin banyak produk penelitian yang bisa diproduksi dan dimanfaatk­an oleh masyarakat luas,” ujarnya.

Rektor Unair Prof Mohammad Nasih mengatakan, stem cell adalah salah satu inovasi yang hingga kini terus dikembangk­an oleh ilmuwan Unair. Penelitian stem cell tersebut dimotori dr Purwanti SpPD bersama Prof drh Fedik Abdul Rantam. ”Dalam waktu dekat ini, izin edar stem cell siap keluar,” katanya.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? SELAMAT: Rektor Unair Prof M. Nasih (enam dari kiri) memotong tumpeng saat tasyakuran Dies Natalis Ke-65 Unair di kampus C kemarin.
DIMAS MAULANA/JAWA POS SELAMAT: Rektor Unair Prof M. Nasih (enam dari kiri) memotong tumpeng saat tasyakuran Dies Natalis Ke-65 Unair di kampus C kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia