Jawa Pos

Rayakan Hari Pahlawan, Main Bersama Ayah

-

SURABAYA, Jawa Pos – Hari Pahlawan bisa dirayakan dengan cara sederhana dan menyenangk­an. Lewat beragam permainan, hari spesial tersebut dirayakan melalui acara bertajuk ’’Ayahku Pahlawanku’’ oleh orang tua serta siswa KB-TK Al Azhar 35 CitraLand. Dalam acara tersebut, kekompakan anak dan ayah berusaha dibangun melalui kerja kelompok.

Dalam waktu singkat, para ayah harus memakaikan seragam kepada anak mereka. Seragam batik hijau harus terpasang rapi. ’’Karena seringnya bukan ayah yang rutin memakaikan seragam sekolah anaknya,’’ ucap Nina Amelia Putri, kepala sekolah.

Permainan lainnya juga menguji kerja sama antara ayah dan anak. Misalnya, anak harus berjalan di atas kaki ayahnya. Daffa, salah satu siswa TK A, diminta menginjak kedua telapak kaki ayahnya, Hendra. Hendra memegang tangan Daffa dengan erat sembari berusaha melangkahk­an kaki. Daffa tidak boleh terjatuh dan Hendra harus berjalan dengan cepat.

Permainan tersebut termasuk jadi permainan utama dalam ajang Ayahku Pahlawanku. ’’Melalui momen seperti ini, anak jadi mengenal pahlawan terdekat mereka sendiri. Yaitu, sang ayah,’’ tutur Nina. Ada pula berbagai permainan lain seperti menyuapi ayah, halang rintang, dan melukis wajah ayah.

Sebanyak 100 pasang ayah dan anak dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok berisi 15 pasang ayah-anak. Setelah berhasil menyelesai­kan tantangan di setiap pos, mereka akan dikalungi medali dari makanan ringan seperti wafer dan cokelat. ’’Selain hadiah, mereka dapat clue yang di akhir permainan harus dirangkai menjadi pesan utuh,’’ jelas ibu anak satu tersebut.

Gagasan Ayahku Pahlawanku berusaha diwujudkan dalam acara itu. Sebab, Nina melihat banyak ayah yang absen dalam ajang sekolah. ’’Bukan hanya pengambila­n rapor, melainkan juga ajang-ajang spesial seperti Hari Batik,’’ jawabnya saat ditemui di Ciputra Waterpark kemarin. Dengan beragam permainan yang dipilih, hubungan emosional antara ayah dan anak diharapkan semakin erat.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? KOMPAK: Dua pasang ayah-anak bermain games di KB-TK Al Azhar 35 CitraLand, kemarin.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS KOMPAK: Dua pasang ayah-anak bermain games di KB-TK Al Azhar 35 CitraLand, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia