Jawa Pos

Chef Axhiang Peringatka­n soal Makanan Pedas

-

SURABAYA, Jawa Pos – Surabaya memang dikenal sebagai destinasi wisata kuliner. Pedagang kaki lima (PKL) hingga menu hotel bintang lima bisa ditemui di Surabaya. Termasuk menu-menu yang memiliki kepedasan tinggi.

Salah satunya adalah Kambing Krakatau kreasi chef Axhiang yang disuguhkan di Launching & Freegas Cooking Demo di Hungerbelt Food Corner, Surabaya, Sabtu malam (9/11). Chef Axhiang mengolah daging kambing dengan beragam bumbu dan rempah-rempah plus irisan cabai rawit yang berlimpah.

Chef Axhiang menyatakan, makanan pedas sangat memengaruh­i sistem pencernaan dan kesehatan lambung. Rasa yang pedas dapat mengikis enzim pencernaan. Padahal, kita butuh enzim pencernaan agar makanan bisa diserap sempurna dalam metabolism­e tubuh.

DokterFXTr­ijantoSoet­jahjomenje­laskan, makin bertambahn­ya usia seseorang, makin sedikit enzim yang diproduksi di dalam tubuh. Beberapa kondisi dan penyakit di bagian perut juga dapat mengakibat­kan penguranga­n sekresi enzim pencernaan.

Sejumlah treatment pun diberikan kepada para pencinta kuliner, terutama yang mencintai makanan pedas. Salah satunya adalah mengonsums­i suplemen makanan yang mengandung delapan jenis enzim yang bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan, serta mengurangi kembung dan rasa tidak nyaman setelah makan.

Salah satu tandanya adalah makanan akan memproduks­i gas bila tidak dicerna dengan baik. Akibatnya, perut terasa kembung dan tidak nyaman, sering bersendawa, serta buang air.

’’Sebaiknya yang memiliki permasalah­an seperti ini bisa mengonsums­i satu tablet suplemen makanan setelah makan.(dya/c14/ano)

 ?? RETNO DYAH/JAWA POS ?? HEALTH FOOD: Chef Axhiang (kanan) memperagak­an memasak Kambing Krakatau.
RETNO DYAH/JAWA POS HEALTH FOOD: Chef Axhiang (kanan) memperagak­an memasak Kambing Krakatau.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia