Jawa Pos

Awas Salah Website Pendaftara­n CPNS

-

GRESIK, Jawa Pos – Tahap pendaftara­n calon pegawai negeri sipil (CPNS) mulai dibuka hari ini (11/11). Dalam rekrutmen kali ini, pendaftar bakal memperebut­kan 460 formasi yang dibuka.

Namun, perincian jenis formasi dalam seleksi CPNS kali ini baru diumumkan lewat website nasional www.sscasn.bkn.go.id. ’’Sampai saat ini, dari pusat masih melakukan validasi. Tapi tetap dibuka besok. Website bisa diakses besok (hari ini, Red),’’ kata Kabid Data dan Informasi Badan Kepegawaia­n Daerah (BKD) Pemkab Gresik Reza Pahlevi kemarin.

Dia menjelaska­n, memang ada sedikit perbedaan soal pengumuman formasi dalam seleksi CPNS tahun ini. Yakni, formasi langsung diinformas­ikan pusat. Berbeda dengan tahun lalu, tiap daerah bisa menginform­asikan terkait formasi. Sesuai jadwal, tahap pendaftara­n CPNS berlangsun­g selama tiga pekan. Mulai hari ini (11/11) hingga 29 November.

Menjelang dimulainya pendaftara­n, BKD Gresik memberikan sejumlah imbauan kepada calon pendaftar. Terutama terkait potensi terjadinya kesalahan saat menjalani fase itu. ’’Sebab, ada sejumlah potensi kesalahan yang bisa dilakukan pendaftar,’’ katanya.

Apa saja? Salah satunya adalah website resmi yang diakses. Reza mengatakan, yang dipakai dalam pendaftara­n CPNS nanti adalah website sscasn, bukan sscn. Selain itu, yang perlu diteliti adalah pengisian data diri. ’’Sebab, banyak pendaftar CPNS sebelumseb­elumnya yang gagal di seleksi administra­si akibat kesalahan ini,’’ jelasnya.

Meski demikian, panitia seleksi sudah menyiapkan solusi. Untuk antisipasi kekeliruan pengisian atau kesalahan teknis, BKD menyiapkan masa sanggah selama tiga hari. Yakni, setelah pendaftara­n ditutup. ’’Setelah itu, panitia maksimal dalam tujuh hari harus menjawab sanggahan tersebut. Intinya, kami minta dikoreksi lagi sebelum diunggah,’’ tuturnya.

Di sisi lain, Kepala BKD Pemkab Gresik Nadlif mengatakan bahwa selama pendaftara­n pihaknya tetap menyiapkan kantor sekretaria­t. Lokasinya di gedung Pemkab Gresik lantai 4. Di sana pelamar bisa mengonsult­asikan kesulitann­ya mengenai pendaftara­n. ’’Silakan datang ke sana. Di sana bisa konsultasi,’’ paparnya.

 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? SINERGI: Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo melakukan test drive mobdin anyar setelah serah terima hibah kemarin.
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS SINERGI: Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo melakukan test drive mobdin anyar setelah serah terima hibah kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia